KAMPANYE ISLAMOFOBIA MELALUI FILM-FILM BARAT PASCA 9/11

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiqurrahman, Taufiqurrahman (2015) KAMPANYE ISLAMOFOBIA MELALUI FILM-FILM BARAT PASCA 9/11. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini meliputi tiga hal, yaitu (1)
Bagaimanakah Fenomena Islamofobia lahir dan berkembang di dunia Barat? (2)
Apa sajakah unsur-unsur Islamofobia yang terkandung dalam Film-Film Barat
yang dirilis pasca 9/11? (3) Bagaimanakah peran film-film tersebut dalam turut
membentuk stigma negatif masyarakat barat maupun masyarakat dunia terhadap
Islam?
Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami
fenomena Islamofobia yang terjadi di dunia barat. bagaimana ia gencar
dikampanyekan melalui media Film serta bagaimana dan seberapa besar
kontribusi film-film tersebut dalam turut membentuk stigma negatif masyarakat
barat, dan dunia terhadap Islam berdasarkan teori-teori Analisis Teks Media.
Untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan diatas secara detail dan
menyeluruh, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif non kancah
dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK). Data dihimpun melalui teknik
observasi dan dokumentasi. Diuji, Kemudian dianalisa dan diintrepretasikan
sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Fenomena Islamofobia telah
lahir sejak ratusan tahun yang lalu saat islam lahir, berkembang, dan mulai
mengalami kontak dengan agama-agama dan kebudayaan lain, kemudian
meningkat secara intensif pasca Tragedi 9/11 (2) Beberapa film Hollywood yang
diproduksi, diedarkan secara luas, dan dikonsumsi oleh masyarakat dunia setidaktidaknya
memiliki unsur Islamofobia yang terkandung dalam beberapa adegan,
dialog, maupun penggambaran visual yang disajikan. (3) Sebagai media massa
bertipe Audio-Visual yang efektif, Kehadiran film-film tersebut telah sedikit
banyak berkontribusi memberikan stigma negatif pada masyarakat dunia,.
rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) Para akademisi ilmu
dakwah harus mereformulasikan sebuah strategi dakwah untuk memperkenalkan
wajah islam yang simpatik pada dunia (2) Perlunya dibangun kekuatan jaringan
media di negara-negara muslim (3) umat muslim harus lebih cerdas lagi dalam
mengkonsumsi produk-produk media massa yang berasal dari barat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyu Ilaihi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiqurrahman, TaufiqurrahmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Penyiaran Islam
Keywords: Islamofobia; Film; 9/11
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 26 Jan 2016 07:21
Last Modified: 26 Jan 2016 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item