PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI. RIYADUL ULUM BICORONG PAKONG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kawim, Kawim (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI. RIYADUL ULUM BICORONG PAKONG PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Media gambar merupakan media pembelajaran yang kegiatan proses pembelajarannya dilakukan oleh seorang guru. Dalam hal ini, media gambar tampaknya bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas V MI Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan setelah diterapkannya media gambar.Penelitian ini dilakukan secara penelitian tindakan kelas dengan pendekatan . Pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan kolaboratif dan partisipatif bekerja sama dengan guru Bahasa Indonesia kelas V di MI Riadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa : Peningkatan menulis karangan siswa kelas V MI Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan setelah diterapkannya media gambar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa siklus I dan siklus II, yaitu rata-rata hasil belajar siklus I 66,61 dan rata-rata hasil belajar siklus II adalah 74,54. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I adalah 21,43%, dan ketuntasan belajar siklus II mencapai 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah AM
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kawim, KawimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Bahasa Indonesia; Media Gambar; Keterampilan Menulis Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 28 Jan 2016 03:19
Last Modified: 28 Jan 2016 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item