MANAJEMEN PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH : TINJAUAN STRATEGI MARKETING SYARI’AH MELALUI MARKETING MIX DAN SWOT ANALYSIS PADA LKS-MICRO FINANCE GERAI MUAMALAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faroh, Ahmad Thoyyibul (2015) MANAJEMEN PEMASARAN PERBANKAN SYARIAH : TINJAUAN STRATEGI MARKETING SYARI’AH MELALUI MARKETING MIX DAN SWOT ANALYSIS PADA LKS-MICRO FINANCE GERAI MUAMALAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Secara konseptual, Fokus kajian penelitian tesis ini adalah penerapan strategi marketing (Marketing Mix Dan SWOT Analysis) pada lembaga keuangan syariah (LKS), karena fenomena kegiatan pemasaran yang terjadi di LKS-micro finance Gerai Muamalah Nurul Jadid ini memperlihatkan bahwa strategi marketing yang dilakukan terlihat efektif untuk basic lembaga keuangan mikro, namun masih ada minus yang terjadi pada LKS tersebut yakni adanya persoalan terkait pembiayaan bermasalah bagi nasabah walau dengan pelayanan yang sudah optimal dan maksimal. Berdasarkan permasalahan ini, maka penelitian ini mempertanyakan tiga hal. Yaitu: Pertama, Bagaimanakah kondisi perkembangan lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi terhadap realisasi penerapan strategi marketing di LKS-micro finance Gerai Muamalah Nurul Jadid Paiton Probolinggo; Kedua, Bagaimanakah konsep bauran pemasaran (marketing mix) dan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai variabel tolak ukur dalam rangka penerapan strategi pemasaran yang dilakukan LKS-micro finance Gerai Muamalah Nurul Jadid Paiton Probolinggo; Ketiga, Bagaimanakah dampak strategi pemasaran bagi Gerai Muamalah Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang dilakukan selama ini sehingga apakah benar-benar berpengaruh terhadap operasional dan kinerja LKS-micro finance tersebut.
Ketiga pertanyaan tersebut dijawab melalui penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data utamanya wawancara secara mendalam dan observasi. Penggalian data bersumber pada informan dan situasi sosial masyarakat Karanganyar dan Paiton yang terpilih melalui purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Bersamaan dengan hal itu, pada saat pengumpulan data dengan teknik yang telah disebutkan di atas, analisis data secara simultan dilangsungkan juga. Proses analisis data mengikuti siklus seleksi data, reduksi data, display data, dan pengambilan konklusi.
Hasil temuan yang diperoleh adalah bahwa: Pertama, Kondisi perkembangan LKS-Micro Finance Gerai Muamalah Nurul Jadid menunjukkan laju perkembangan yang cukup pesat. Hal ini disebabkan adanya pengaruh lingkungan internal (mikro) dan lingkungan eksternal (makro). Kedua, penerapan strategi pemasaran yang digunakan adalah strategi STP ((Segmentation, Targeting, Positioning) dan strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) atau lebih dikenal dengan strategi 4 P (Product/produk, Price/harga, Place/tempat, Promotion/promosi). Ketiga, Pada strategi STP pemilihan segmen pasar, menggunakan pertimbangan strategi pola pasar sasaran, seperti: Selective Specialization, Market Specialization, Product Specialization, Full Market Coverage. Keempat, Penerapan strategi marketing mix dan analisis SWOT di LKS-Micro Finance Gerai Muamalah Nurul Jadid sudah diterapkan walaupun masih terdapat hal-hal yang perlu dibenahi kaitannya dengan kesadaran nasabah dalam hal pembiayaan terhadap produk-produknya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: A. Faishal Haq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faroh, Ahmad ThoyyibulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Manajemen; Pemasaran; Perbankan; Syariah; Strategi; Marketing Syariah; Marketing Mix Dan Swot; Micro Finance
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2016 04:46
Last Modified: 04 Feb 2016 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item