This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Luthfi, Ahmad (2016) TATHWIR MADDAH TA’LIM MAHARAH AL-ISTIMA’ ALA AL-MUSTAWA AL-TSANAWIY : AL-BAHTS WA AL-TATHWIR BI AL-TATHBIQ ALA MADRASAH LAMONGAN AL-TSANAWIYYAH AL-ISLAMIYYAH AL-HUKUMIYYAH. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahu materi pembelajaran menyimak di MAN Lamongan dengan menggunakan Kurikulum KTSP, (2) Menyusun / mengembangkan materi pembelajaran menyimak dengan menggunakan Kurikulum KTSP, (3) Mengetahui efektifitas materi pembelajaran menyimak hasil pengembangan di MAN Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Metodologi yang digunakan adalah (1) pengembangan dan analisis, (2) metode eksperimen melalui pre test dan post test.
Sumber data penelitian adalah (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester genap maharah istimak yang digunakan di MAN Lamongan, (2) Pakar pembelajaran bahasa Arab, (3) Guru bahasa Arab MAN Lamongan, (4) Siswa kelas sebelas MAN Lamongan, dan (5) Dokumen.
Penelitian ini difokuskan pada masalah: “Bagaimana materi ajar maharah istimak kelas sebelas semester dua dengan menggunakan kurikulum KTSP di MAN Lamongan selama ini, kemudian penelitian ini juga mengungkapkan bentuk pengembangan dari materi ajar maharah istimak kelas sebelas semester dua dengan menggunakan kurikulum KTSP serta sejauhmana efektifitas materi ajar yang telah dikemabangkan dimaksud dalam meningkatkan hasil belajar siswa MAN Lamongan.
Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester genap maharah istimak kurikulum KTSP yang digunakan di MAN Lamongan kurang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, (2) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester genap maharah istimak kurikulum KTSP hasil pengembangan secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, (3) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester genap maharah istimak kurikulum KTSP hasil pengembangan setelah diterapkan menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab maharah istimak siswa kelas sebelas semester genap di MAN Lamongan, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan 09,84 % dari prosentase nilai pretest 72,28 % menjadi 82,12 % di nilai posttest. Hal ini diperkuat dengan hasil analisa angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisa nilai test
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nasruddin Idris Jauhar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Materi Pembelajaran; Keterampilan Menyimak; Penelitian Pengembangan (R&D) | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2016 08:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Feb 2016 08:00 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4708 |
Actions (login required)
View Item |