This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azminah, Nafiatul (2016) Studi Komparasi Kecerdasan Interpersonal Berdasarkan Urutan Kelahiran dalam Keluarga (Sulung, Tengah, Dan Bungsu) pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Dalam skripsi ini tentunya adalah untuk membandingkan kecerdasan interpersonal siswa antara anak sulung, tengah, dan bungsu. Adanya empat rumusan masalah yang digunakan penulis sebagai acuan pengumpulan datanya, yaitu: Bagaimana kecerdasan interpersonal anak sulung dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo?; Bagaimana kecerdasan interpersonal anak tengah dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo?; Bagaimana kecerdasan interpersonal anak bungsu dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo?; dan Apakah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo berdasarkan urutan kelahiran dalam keluarga?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang sifatnya komparasi, dan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penulis mencoba menjawab rumusan masalah dengan menggunakan analisis deskriptif. Nilai rata-rata kecerdasan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo yang berkedudukan sebagai anak sulung adalah 49,65 yang menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa dari anak sulung tergolong sedang. Nilai rata-rata kecerdasan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo yang berkedudukan sebagai anak tengah adalah 66,46 yang menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa dari anak tengah tergolong tinggi. Sedangkan nilai rata-rata kecerdasan interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo yang berkedudukan sebagai anak bungsu adalah 55,93 yang menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa dari anak bungsu tergolong sedang. Dari ketiga nilai rata-rata tersebut dimasukkan ke dalam rumus uji “t”, harga t_hitung lebih besar dari t_tabel (-8,94 > 1,68). Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan secara signifikan antara kecerdasan interpersonal anak sulung dengan anak tengah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Untuk perbedaan kecerdasan interpersonal antara anak sulung dengan anak bungsu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo, harga t_hitung lebih besar dari t_tabel (-3,32 > 1,67). Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan secara signifikan antara kecerdasan interpersonal anak sulung dengan anak bungsu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Untuk perbedaan kecerdasan interpersonal antara anak tengah dengan anak bungsu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo, harga t_hitung (tanpa tanda -) lebih besar dari t_tabel (5,14 > 1,69). Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan secara signifikan antara kecerdasan interpersonal anak tengah dengan anak bungsu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo.
Kata kunci: komparasi, kecerdasan interpersonal, urutan kelahiran dalam keluarga, sulung, tengah, dan bungsu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling | ||||||
Keywords: | komparasi; kecerdasan interpersonal; urutan kelahiran dalam keluarga; sulung; tengah; dan bungsu. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | azminah nafiatul | ||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 01:49 | ||||||
Last Modified: | 06 Nov 2019 02:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5556 |
Actions (login required)
View Item |