This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurani, Intan Fitriana (2016) Implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Belajar pada hakekatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi yang digunakan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar harus mampu menunbuhkan kegiatan belajar bagi siswa. Strategi PAIKEM merupakan suatu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Dalam penelitian terdapat dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk?, serta apa faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk?. Dan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendiskripsikan implementasi strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi PAIKEM pada pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk.
Berdasarkan paparan di atas, penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDN Kutorejo I. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan deskriptif kualitatif.
Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa implementasi strategi PAIKEM dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor yang mendukung antara lain: dukungan kepala sekolah, guru yang kreatif memilih metode pembelajaran serta adanya minat dan motivasi belajar siswa. Adapun faktor penghambat diantaranya: sarana dan prasarana, siswa pasif serta guru yang kurang maksimal dalam menggunakan strategi PAIKEM.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendekatan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Intan Fitriana Nurani | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2016 05:03 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2020 07:44 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5705 |
Actions (login required)
View Item |