Implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurani, Intan Fitriana (2016) Implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Belajar pada hakekatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi yang digunakan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar harus mampu menunbuhkan kegiatan belajar bagi siswa. Strategi PAIKEM merupakan suatu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Dalam penelitian terdapat dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk?, serta apa faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk?. Dan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendiskripsikan implementasi strategi PAIKEM dalam proses pembelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi PAIKEM pada pelajaran PAI di SDN Kutorejo I Kabupaten Nganjuk.
Berdasarkan paparan di atas, penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDN Kutorejo I. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan deskriptif kualitatif.
Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa implementasi strategi PAIKEM dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor yang mendukung antara lain: dukungan kepala sekolah, guru yang kreatif memilih metode pembelajaran serta adanya minat dan motivasi belajar siswa. Adapun faktor penghambat diantaranya: sarana dan prasarana, siswa pasif serta guru yang kurang maksimal dalam menggunakan strategi PAIKEM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurani, Intan Fitriana--D71212133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendekatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Fitriana Nurani
Date Deposited: 12 Apr 2016 05:03
Last Modified: 15 Jan 2020 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item