Student teachers’ ability in facilitating pair and group interaction during practice teaching (PPL1) at English Teacher Education Department UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nourmasari, Zidta Faza (2016) Student teachers’ ability in facilitating pair and group interaction during practice teaching (PPL1) at English Teacher Education Department UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Menimbang akan kesadaran mahasiswa calon guru tentang pentingnya pembelajaran aktif, hampir semua dari mereka menerapkan kerja kelompok dan berpasangan dalam praktik mengajar mereka di kelas PPL I. Karena alasan inilah meneliti apakah mereka mampu menerapkannya secara efektif atau tidak menjadi suatu hal yang penting. Untuk meneliti kemampuan mereka dalam menerapkan kerja kelompok atau berpasangan dapat diketahui dengan mengidentifikasi kemampuan mereka dalam memfasilitasi interaksi dan memilih kegiatan kerja kelompok dan berpasangan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dua hal tersebut; mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa PPL I dalam memfasilitasi interaksi dan menentukan apakah mahasiswa PPL I menerapkan kegiatan kerja kelompok dan berpasangan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 21 mahasiswa PPL I menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif sebagai desain penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi di kelas PPL I yang dilengkapi dengan rubrik observasi sebagai instrumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PPL I mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memfasilitasi interaksi kerja kelompok dan berpasangan. Namun, berdasarkan hasil rata-rata, mahasiswa PPL I mempunyai kemampuan moderate (sedang) dalam memfasilitasi interaksi kerja kelompok dan berpasangan. Dalam memfasilitatsi interaksi kerja berpasangan, mahasiswa PPL I mempunyai kemampuan moderate (sedang) dengan pencapaian persentase 52,5%. Dan dalam memfasilitatsi interaksi kerja kelompok, mereka juga mempunyai kemampuan moderate (sedang) dengan pencapaian persentase 45,25%. Kemudian, sehubungan dengan pemilihan kerja kelompok dan berpasangan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dengan pencapaian persentase 73,59%, mahasiswa PPL I menerapkan kegiatan kerja kelompok dan berpasangan yang kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sebagai kesimpulan, kemampuan yang moderate (sedang) dalam memfasilitasi interaksi kerja kelompok dan berpasangan menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa PPL I mampu melaksanakan beberapa aspek fasilitasi interaksi secara cukup baik, tapi masih ada beberapa aspek yang belum mampu dilakukan secara maksimal. Kemudian, mahasiswa PPL I juga belum sepenuhya mampu menerapkan kegiatan kerja kelompok dan berpasangan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi refleksi bagi mahasiswa PPL I untuk meningkatkan kemampuannya. Kemampuan dalam memfasilitasi interaksi kerja berpasangan atau kelompok diartikan sebagai kemampuan mahasiswa PPL I untuk mendorong dan membuat siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan teman sekelompoknya. Di dalamnya mencakup beberapa aspek yang harus dilakukan, yaitu membentuk kelompok atau pasangan, menjaga kegiatan kerja kelompok dan berpasangan tetap menarik, mendorong siswa yang pendiam untuk berbicara, memonitor kerja kelompok atau berpasangan, mendorong siswa untuk menggunakan Bahasa Inggris, membagi tugas bagi setiap anggota kelompok, dan memberikan feedback. Sementara, memilih kegiatan kerja kelompok atau berpasangan dapat diartikan sebagai bagaimana upaya mahasiswa PPL I untuk menerapkan aktifitas kerja kelompok atau berpasangan yang relefan dan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nourmasari, Zidta Faza--D75211073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSoraya, Irmamozafyr@yahoo.com2030096901
Subjects: Bahasa Inggris
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Zidta Faza Nourmasari
Date Deposited: 14 Apr 2016 06:59
Last Modified: 14 Jan 2020 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item View Item