Presentasi diri di media sosial instagram pada kalangan generasi z mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Wahyu (2022) Presentasi diri di media sosial instagram pada kalangan generasi z mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Wulandari_I03218021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah menganalisis fenomena presentasi diri yang dilakukan oleh kalangan generasi Z yaitu mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya di media sosial instagram. Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah membahas bagaimana mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya pada kalangan generasi Z dalam mempresentasikan dirinya di media sosial instagram. Penelitian ini juga membahas tujuan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam melakukan presentasi diri di media sosial instagram. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Dramaturgi oleh Erving Goffman. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa (1) Dalam melakukan presentasi diri perlu adanya sebuah panggung sebagai tempat yang dapat dibagi dua yakni panggung depan (Front Region) dan panggung belakang (Back Region). Panggung depan berfungsi sebagai tempat untuk mmenunjukkan penampilan serta karakter yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan panggung belakang disebut sebagai tempat mereka untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan berlangsungnya sebuah presentasi diri sebelum akhirnya dipertontonkan. Dalam panggung depan media sosial Instagram, mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menampilkan versi terbaik dari diri mereka masing-masing dengan menunjukkan penampilan dan karakter yang baik. Sebaliknya pada saat di panggung belakang pada kehidupan sehari-hari mereka melakukan edit foto atau video agar dapat menunjukkan penampilan yang baik serta kembali pada karakter aslinya.(2) Presentasi diri di media sosial instagram yang ditampilkan oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki tujuan yang mereka inginkan yaitu ingin mereka dapatkan setelah melakukan presentasi diri adalah ingin mendapatkan perhatian dari para followersnya, ingin diakui keberadaannya di media sosial instagram, dan ingin membuat kenang-kenangan yang dapat tersimpan pada arsipan story di instagramnya serta ingin mendapatkan engagement. Namun, terdapat beberapa mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya juga melakukan presentasi diri di media sosial Instagram yang tidak mempunyai tujuan tertentu atas foto atau video yang telah dibagikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Wahyuwwlndr24@gmail.comI03218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Keywords: presentasi diri; instagram; generasi z
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: wahyu wulandari
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:22
Last Modified: 22 Nov 2022 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58337

Actions (login required)

View Item View Item