This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisa', Risalatun (2014) KETERAMPILAN INTERPERSONAL GURU BK DALAM MENANGANI KASUS PRILAKU SOSIAL MURID DI MA AL-IBROHIMI DESA MANYAREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian, berawal dari guru agama yang tidak mempunyai latar belakang mengenai bimbingan konseling. Namun mampu menjalankan tugas barunya sebagai guru BK dengan baik dan mendapat respon positif karena mudah bergaul dengan murid.
Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana proses keterampilan interpersonal guru BK dalam menangani kasus perilaku sosial murid di MA Al-Ibrohimi Manyarejo Manyar Gresik Jawa Timur ?, (2) Bagaimana bentuk keterampilan interpersonal guru BK dalam menangani kasus perilaku sosial murid di MA Al- Ibrohimi Manyarejo Manyar Gresik Jawa Timur ?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan hasil penemuan data dengan menganalisis dan pengamatan kinerja sesuai keterampilan interpersonal guru BK serta proses pelaksanaan konseling yang sudah dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, 1. Observasi 2. Wawancara 3. Dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis tentang proses dan bentuk keterampilan interpersonal yang dimiliki guru BK dalam proses konseling dengan murid. Dan peneliti menyimpulkan bahwa proses keterampilan interpersonal guru BK, meliputi; saling mengenal untuk mengidentifikasi masalah murid, saling mempercayai, komunikasi secara tepat dan jelas, saling menerima, mendukung dan menyelesaikan masalah secara konstruktif. Adapun bentuk keterampilan interpersonal guru BK, meliputi; sabar, ramah, baik, mudah bergaul, memanfaatkan waktu luang untuk pendekatan kepada murid dan bisa bekerjasama dengan baik. Dengan keterampilan interpersonal yang dimilikinya, guru BK berhasil menangani berbagai masalah yang dialami murid. Meskipun latar belakang pendidikannya tindak mengacuh pada bimbingan konseling.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pudji Rahmawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Psikologi | ||||||
Keywords: | Keterampilan Interpersonal., Perilaku Sosial., Guru. | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2015 05:18 | ||||||
Last Modified: | 29 Jan 2015 05:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61 |
Actions (login required)
View Item |