Pengaruh kualitas produk murabahah, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro: studi kasus pada nasabah BMT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muctharom, Moch. Zaenal Azis (2016) Pengaruh kualitas produk murabahah, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro: studi kasus pada nasabah BMT. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan ekonomi saat ini, bisnis keuangan terutama lembaga keuangan syari’ah banyak diminati oleh masyarakat. Masyarakat beranggapan bahwa lembaga keuangan yang berlandaskan azas syari’ah akan lebih aman dan nyaman karena menggunakan sistem bagi hasil dan menggunakan akad–akad yang sesuai dengan syari’at islam. Dengan landasan ini masyarakat semakin mempercayai keuangannya dengan lembaga keuangan syari’ah. Namun yang harus diperhatikan masyarakat juga memperhatikan kualitas dari lembaga keuangan syari’ah tersebut apakah sudah seperti yang mereka inginkan. Ada lima rumusan maslah dalam penelitian yaitu:(1) Adakah terdapat pengaruh signifikans kualitas produk terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro? (2) Adakah terdapat pengaruh signifikan Harga terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro? (3) Adakah terdapat pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro? (4) Adakah terdapat pengaruh yang bersamaan (kualitas produk, Harga dan Kualitas Pelayanan) terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro? (5) Adakah terdapat pengaruh yang paling dominan (kualitas produk,harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah) di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan 56 orang nasabah. Metode pengumpulan data, metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan SPSS 19.0 dengan tahapannya adalah (1) uji validitas dan reliabilitas (2) analisis regrensi berganda (3) uji hipotesis terdidari uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk terhadap kepuasan nasabah, sedangkan harga tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dan kualitas pelayanan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Terbukti dalam tabel coefficients pada kualitas produk (X1) diperoleh nilai (2,551) < ttabel¬ (2,006) dengan Sig. 0,014 > 0,05. Untuk harga diperoleh nilai sig. sebesar (-0,732) > ttabel ¬(-2,006) dengan Sig 0,467 > 0,05. Dan untuk kualitas pelayanan diperoleh nilai (-0,015) > ttabel¬(-2,006) dengan Sig. 0,988 > 0,05.
Dalam uji f yang bersamaan tidak ada dampak pengaruh secara signifikan antara kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara serentak terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Ftabel¬ sebesar 2,782. Maka Fhitung < Ftabel (2,670 < 2,782).
Di antara kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di KJKS BMT Nurul Ummah Ngasem-Bojonegoro adalah variabel kualitas produk, karena nilai thitung > variabel harga dan kualitas pelayanan dengan nilai thitung (7,684) kualitas produk, (1,385) harga dan (1,000) kualitas pelayanan.
Penelitan ini bertujuan KJKS BMT Nuru Ummah untuk lebih baik untuk menjalankan kualitas pelayanan agar produk-produk menjadi berkualitas dan harga selallu terjangkau untuk pelanggan dan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muctharom, Moch. Zaenal Azis--F14213221
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Ismail--2021015201
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Kualitas Produk; Harga; Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: zaenal azies
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:14
Last Modified: 12 Dec 2019 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item