Konstruksi nilai-nilai spiritual pada Streamer Mobile Legend Abi Azkakia di media sosial: perspektif semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholakhudin, Ahmad (2023) Konstruksi nilai-nilai spiritual pada Streamer Mobile Legend Abi Azkakia di media sosial: perspektif semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Sholakhudin_E91219061 OK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Ahmad Sholakhudin_E91219061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Abi Azkakia selaku streamer mempunyai ciri khas yang unik, tidak seperti streamer game lain yang kerap kali menggunakan kata kotor, Abi Azkakia justru lebih memilih menggunakan kalimat-kalimat dengan nuansa Islam, hal tersebut memang dikonsepkan untuk berdakwah. Dalam penelitian ini tidak membahas tentang efektivitas Abi Azkakia menyampaikan berdakwahnya, akan tetapi berfokus pada nilai-nilai spiritual yang diperlihatkan Abi Azkakia. Dalam menganalisis kasus ini peneliti menggunakan semiotika Roland Barthes yang mana teori tersebut sesuai dengan objek material. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: pertama, apa konsep pada konten Mobile Legend Abi Azkakia di media sosial? Kedua, Bagaimana analisis semiotika Roland Barthes pada streamer Mobile Legend Abi Azkakia di media sosial? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Analisis Konten. Penelitian ini menggunakan semiotika Roland Barthes sebagai alat untuk menganalisis Hasil penelitian ini mengungkap bahwa Konsep pada konten Abi Azkakia mempunyai dasar yang sama yaitu memasukkan unsur Islam kedalam lingkungan game. Cara Abi azkakia membawakan konten-kontennya mencerminkan dua nilai spiritual yaitu semangat dakwah dan selalu mengingat Allah SWT. dalam konteks denotasi Abi Azkakia berdakwah melalui media game, dalam konteks denotasi Abi Azkakia mempunyai sasaran dakwah yaitu kaum milenial yang mana dia menyadari bahwa jika berdakwah di masjid akan sedikit kaum milenial yang mendengarkan, sedangkan mitosnya Abi Azkakia seperti seorang pionir dalam hal berdakwah dalam game, dia seperti membuat konsep stuktural bagaimana caranya berdakwah dalam game hal ini dapat dibuktikan terdapat streamer lain yang meniru cara Abi Azkakia seperti pada ada akun TikTok @Mlsyariy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholakhudin, Ahmadahmadsholakhudin7@gmail.comE91219061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsul--2029037201
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Media Sosial
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: nilai-nilai spiritual; streamer mobile legend; semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Sholakhudin
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:31
Last Modified: 04 Jan 2024 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66993

Actions (login required)

View Item View Item