Transformasi identitas diri pelajar melalui kegiatan kerohanian Islam di SMA Negeri 14 Surabaya perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Ardita Sindy (2024) Transformasi identitas diri pelajar melalui kegiatan kerohanian Islam di SMA Negeri 14 Surabaya perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardita Sindy Cahyani_07040120068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ardita Sindy Cahyani_07040120068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai transformasi identitas diri pelajar melalui kegiatan kerohanian Islam di SMA Negeri 14 Surabaya dengan perspektif eksistensialisme Soren Kierkegaard. Identitas diri diartikan sebagai kesadaran individu tentang keistimewaan diri mereka dan kemampuan untuk mendefinisikan serta memberikan makna pada keberadaan mereka. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan interpretasi filosofis untuk menganalisis bagaimana Seksi Kerohanian Islam (SKI) mempengaruhi pembentukan dan perubahan identitas diri remaja. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket terhadap siswa-siswi yang mengikuti SKI. Teori eksistensialisme Soren Kierkegaard yang menekankan pada pentingnya introspeksi, kejujuran diri, dan tanggung jawab pribadi dihadapkan dengan pilihan hidup digunakan sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan SKI memberikan pengaruh signifikan terhadap transformasi identitas diri pelajar, di mana dukungan lingkungan seperti orang tua, guru, dan pelatih rohani Islam berperan penting dalam proses transformasi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Ardita Sindyarditasindy@gmail.com07040120068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlamsyah, Anis Aminanasaminalamsyah@uinsa.ac.id2029047001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Kenakalan Anak dan Remaja
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Transformasi; identitas diri; eksistensialisme; Soren Kierkeegard
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: ardita sindy cahyani
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:39
Last Modified: 22 Mar 2024 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69105

Actions (login required)

View Item View Item