Praktik baik PAI berbasis sekolah ramah anak studi kasus di SMP Negeri 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marwah, Rosedah Sa'datul (2024) Praktik baik PAI berbasis sekolah ramah anak studi kasus di SMP Negeri 2 Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosedah Sa'datul Marwah_02040822052 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Rosedah Sa'datul Marwah_02040822052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Praktik Baik PAI Berbasis Sekolah Ramah Anak Studi Kasus SMP Negeri 2 Lamongan. Rumusan masalah pada tesis ini terdiri dari: Pertama, Bagaimana peran PAI berbasis sekolah ramah anak dalam menanggulangi kasus bullying, kekerasan atau perundungan terhadap sesama teman di sekolah. Kedua, Bagaimana praktik baik PAI berbasis sekolah ramah anak yang diterapkan di sekolah. Ketiga, Bagaimana dampak dari diterapkannya kebijakan sekolah ramah anak terhadap perubahan karakter siswa di SMP Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan instrumen kepala sekolah, wakil kurikulum, guru PAI, guru BK, dan delapan belas siswa kelas VII. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan diantaranya sebagai berikut. Pertama, Peran PAI memiliki peranan penting dan menjadi sangat krusial, karena mampu memberikan berbagai kontribusi pada berbagai aspek, khususnya siswa kelas VII sebagai generasi Alpha. Kedua, Praktik baik PAI berbasis sekolah ramah anak telah diterapkan dengan mengintegrasikan indikator enam komponen dari pedoman sekolah ramah anak dan menitikberatkan pendekatan pada kebutuhan dan kesejahteraan anak sebagai fokus utama. Ketiga, dampak dari diterapkannya kebijakan tersebut adalah membawa dampak signifikan dari berbagai aspek seperti aspek kehidupan, spiritual, sosial dan secara keseluruhan kebijakan sekolah ramah anak dapat mendorong perubahan karakter siswa menuju sikap yang lebih positif, responsif, dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marwah, Rosedah Sa'datulrosedahsm27@gmail.com02040822052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Manajemen Pendidikan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pembelajaran PAI; Sekolah Ramah Anak (SRA)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosedah Rosedah Sa'datul Marwah
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:06
Last Modified: 01 Apr 2024 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69346

Actions (login required)

View Item View Item