This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Setya N.T, Mentari (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE BILLBOARD RANKING PADA PELAJARAN IPS MATERI PERAN ANGGOTA KELUARGA SISWA KELAS II SDN PAPAR III KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, yaitu siswa sering bergurau, dan ada juga yang mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan metode billboard ranking dalam proses pembelajaran materi peran anggota keluarga. Dalam penulisan ini terdapat rumusan masalah yaituy bagaimana penerapan metode Billboard Ranking pada mata pelajaran IPS materi peran anggota keluarga dan bagaimana peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode Billboard Ranking pada pelajaran IPS materi peran anggota keluarga di kelas II SDN PAPAR III Kediri. Adapun tujuannya ialah untuk mengetahui penerapan metode Billboard Ranking pada mata pelajaran IPS materi peran anggota keluarga dan mengetahui peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan metode Billboard Ranking pada mata pelajaran IPS materi peran anggota keluarga di kelas II SDN PAPAR III Kediri.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Data kualitatif digunakan peneliti untuk menulis analisis deskriptif, sedangkan kuantitatif dianalisis menggunakan rata-rata prosentase. Model penulisan PTK adalah model kurt Lewin. Adapun beberapa teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi.
Tindakan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode billboard ranking. Metode tersebut digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan pengumpulan data serta alat yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi adalah angket, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi selama proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode billboard ranking berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan partisipasi siswa dengan bukti pada siklus I diperoleh hasil observasi guru pada siklus I ialah 73% yang mengalami peningkatan sebanyak 12% menjadi 85% pada siklus II. Pada Siklus I hasil observasi siswa mendapat prosentase siswa 61% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 27% menjadi 88%. (2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN PAPAR III Kediri yang dibuktikan dari hasil pencapaian indikator-indikator motivasi. Hasil akhir yang diperoleh dari perhitungan angket pada siklus I 69% terjadi kenaikan 14% sehingga pada siklus II diperoleh 83%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Billboard Ranking; Metode Belajar; Metode Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:05 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6953 |
Actions (login required)
View Item |