Perancangan strategi bisnis Syariah sebagai penunjang pemasaran Hotel Syariah Andalus Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utomo, Fondra Prasetyo (2023) Perancangan strategi bisnis Syariah sebagai penunjang pemasaran Hotel Syariah Andalus Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fondra Prasetyo Utomo_G94219148.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fondra Prasetyo Utomo_G94219148_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran syariah pada suatu perusahaan yang berkonsep hotel Syariah merupakan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah tamu yang menginap di Hotel Syariah Andalus Surabaya akibat dari pandemi Covid19. Penilaian konsep strategi pemasaran syariah yang sesuai syariah ini menilai variabel Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promisi (Promotion), Manusia (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical Evidence) dengan aturan-aturan syariah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan dan mengetahui bagaimana konsep strategi pemasaran syariah dan penerapannya di Hotel Syariah Andalus Surabaya, serta merumuskan rancangan strategi pemasaran dengan menggunakan analisa SWOT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Bauran pemasaran syariah dan teori tentang prinsip pemasaran yang sesuai dengan etika bisnis Rasulullah SAW, serta analisis SWOT sebagai cara membuat rancangan strategi pemasaran yang sesuai dengan Hotel Syariah Andalus Surabaya saat ini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, observasi, kajian pustaka baik bersumber data buku ataupun jurnal, sedangkan untuk aspek penilaiannya yaitu ditinjau dari Al-Qur’an, Hadits, dan prinsip pemasaran syariah yang berkaitan dengan penelitian.
Penelitian ini menghasilkan konsep strategi pemasaran berdasarkan variable 7P atau bauran pemasaran yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah. Kemudian berdasarkan hasil dari analisa SWOT Hotel Syariah Andalus Surabaya disarankan menggunakan strategi Growth Oriented Strategy dan dari empat strategi tersebut (SO, WO, ST, WT) digunakan untuk diterapkan dalam pengembangan strategi pemasaran Hotel Syariah Andalus Surabaya.
Kata Kunci: Hotel Syariah, Pemasaran Syariah, Analisis SWOT

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utomo, Fondra Prasetyofondrajillien20@gmail.comg94219148
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Hotel syariah; pemasaran syariah; analisis SWOT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: FONDRA UTOMO
Date Deposited: 20 May 2024 02:58
Last Modified: 20 May 2024 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70202

Actions (login required)

View Item View Item