This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitroni, Abdul Aziz (2016) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode Think Talk Write pada siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (995kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (34MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Faktanya, masih banyak kesulitan dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan EYD yang benar dan sesuai tema yang ditentukan. Oleh karena itu, sangat perlu diterapkan metode yang dinilai dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, yaitu metode think-talk-write. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji 1) Bagaimana tingkat keterampilan menulis karangan deskrispsi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum penerapan metode think-talk-write pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya?, 2) Bagaimana penerapan metode think-talk-write dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya?, 3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan metode think-talk-write pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 23 Surabaya?. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, sedangkan model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan non tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan menulis karangan deskripsi sebelum diterapkannya metode think-talk-write yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 59 (rendah). Prosentase ketuntasan kelas dengan angka ketuntasan 30% dan angka ketidaktuntasan 70%. (2) Penerapan metode think-talk-write dapat dilaksanakan dengan baik melalui perbaikan pada tiap siklus. Hal ini dapat diketahui dari pembuktian pada hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 94 (sangat baik) meningkat menjadi 97 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I 90 (baik) meningkat menjadi 98,95 (sangat baik) pada siklus II. (3) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan metode think-talk-write dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 59 (rendah), pada siklus I meningkat menjadi 81,6 (baik) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90,27 (sangat baik). Dapat dilihat juga pada peningkatan prosentase ketuntasan kelas yaitu pra siklus sebesar 30 %, pada siklus I meningkat menjadi sebesar 90 % dan siklus II sebesar 100 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Keterampilan menulis; Think-Talk-Write; Bahasa Indonesia | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Abdul Aziz | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 06:19 | ||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 02:46 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7033 |
Actions (login required)
View Item |