Analisis maqaṣid al-shari’ah terhadap strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqiella, Muhammad Mujadid Zulfakar (2023) Analisis maqaṣid al-shari’ah terhadap strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Mujadid Zulfakar Aqiella_C01219034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Mujadid Zulfakar Aqiella_C01219034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang terfokus kepada strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya yang menjadi objek penelitian. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah. Pertama, bagaimana strategi BKKBN dalam Program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Kedua, bagaimana analisis maqāṣid al-sharī’ah terhadap strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil pola dilapangan (empiris) yang menghasilkan data sesuai fakta-fakta yang ada dilapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang didapatkan secara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan di kantor perwakilan BKKBN Jawa Timur. Dalam penelitian ini sumber data yang di dapatkan yaitu sumber data primer dan sekunder. Data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan, pertama, bahwa strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya ada dua. yakni BKKBN mengerahkan penyuluh Keluarga Berencana (KB). Penyuluh KB tersebut memiliki peran penting dalam memberikan informasi, edukasi, serta bimbingan kepada calon pengantin terkait kesehatan reproduksi, gizi, dan pencegahan stunting. Kemudian, BKKBN juga mengerahkan Tim Pendamping Keluarga (TPK), TPK ini adalah tim yang terdiri dari para kader KB, kader PKK, dan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ditugaskan untuk memberikan pendampingan terhadap calon pengantin. Kedua, Menurut maqāṣid al-sharī’ah, strategi BKKBN dalam program ELSIMIL sebagai pencegahan stunting di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya sudah memenuhi unsur dari maqāṣid al-sharī’ah yakni memelihara jiwa (ḥifẓ al-nafs) dan memelihara keturunan (ḥifẓ al-naṣl). Dalam strategi yang pertama pengerahan penyuluh KB yang berperan memberikan edukasi dan informasi terkait kesehatan reproduksi untuk pencegahan stunting, hal ini tentu sudah memenuhi aspek ḥifẓ al-nafs yakni memelihara jiwa. strategi yang kedua mengenai Pendampingan Keluarga yang bertujuan dalam mendukung calon pengantin dalam hal perencanaan kehamilan yang bijaksana oleh TPK tentu sudah memenuhi aspek ḥifẓ al-naṣl yakni memelihara keturunan. Sejalan dengan kesimpulan diatas penulis dapat menyarankan bahwa dengan adanya program ELSIMIL dari BKKBN diharapkan kepada para pasangan calon pengantin untuk menerapkannya dengan baik, sehingga dapat mencegah secara dini adanya stunting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqiella, Muhammad Mujadid Zulfakarmuhammadmujadid59@gmail.comC01219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Maqaṣid al-shari’ah; strategi BKKBN; program ELSIMIL; stunting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhammad Mujadid Zulfakar Aqiella
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:19
Last Modified: 03 Jun 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70380

Actions (login required)

View Item View Item