Strategi kepala sekolah dalam menyelesaikan fenomena krisis guru di sekolah dasar Islam Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Himmatul (2024) Strategi kepala sekolah dalam menyelesaikan fenomena krisis guru di sekolah dasar Islam Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Hikmah_06020320032 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Himmatul Hikmah_06020320032 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakanggi oleh topik permasalahan adanya fenomena krisis guru yang menimbulkan keresahan bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam menyelesaikan fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya, bagaimana fenomena krisis guru, dan dampak fenomena krisis guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, Guru Muda, Guru Junior, dan Guru senior. Adapun objek pada penelitian ini yakni strategi kepala sekolah dalam menyelesaikan fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya. data penelitian yang digunakan daam penelitian ini yakni wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini yakni (1)Strategi kepala sekolah dalam menyelesaikan fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya, (2) Fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya, dan (3) dampak fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi kepala sekolah dalam menghadapi fenomena krisis guru berbentuk disiplin diantaranya pemantauan absensi, pembuatan kode etik, memberikan point dan sanksi. Strategi tersebut di implementasikan melalui kegiatan sosialisasi pada saat rapat. Faktor keberhasilan strategi tersebut terletak pada cara menyampaikan dan cara pengambilan Keputusan yang merupakan bagian dari kemampuan professional dan kepemimpinan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat strategi tersebut yakni mendapatkan respon negative dari lingkungan sekitar, dan beberapa guru yang sulit untuk dikondisikan. (2) Deskripsi fenomena krisis guru yang dipahami oleh narasumber di SDI Bahrul Ulum terkait minimnya rasa disiplin pada guru, guru kurang mengerti tanggung jawab, dan kurang menguasai pembelajaran dikelas. Bentuk fenomena krisis guru yakni disiplin guru dan kompetensi mengajar dikelas. Dalam menghadapi fenomena krisis guru tersebut dibutuhkan keterlibatan kepala sekolah, Yayasan, stakeholder, guru, dan tenaga pendidik lainnya. Penyebab terjadinya fenomena krisis guru yakni tidak adanya Tindakan disiplin dari kepela sekolah dan minimnya kemampuan beradabtasi guru dalam menghadapi perubahan. Upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi fenomena krisis guru yakni melalui pendisiplinan guru. Upaya pendisiplinan terdiri dari memberi sanksi, memantau absensi, membuat kode etik, dan memperketat peraturan. (3) Dampak yang ditimbulkan oleh fenomena krisis guru di SDI Bahrul Ulum Surabaya terkait kesalahpahaman berkomunikasi dan citra sekolah yang buruk. Namun dampak yang dapat di lihat pada sekolah ini yakni terkait kesalahpahman dalam berkomunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Himmatulhimmahikmah@gmail.com06020320032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Thesis advisorBachtiyar, Mahfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Fenomena; krisis; guru; strategi; kepala sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Himmatul Hikmah
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:26
Last Modified: 24 Jun 2024 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70814

Actions (login required)

View Item View Item