Representasi islam moderat dalam kanal youtube Guru Gembul perspektif teori fungsi interpretasi Hermeneutika Jorge J.E Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Muhammad (2024) Representasi islam moderat dalam kanal youtube Guru Gembul perspektif teori fungsi interpretasi Hermeneutika Jorge J.E Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ardiansyah_07020120040 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Ardiansyah_07020120040 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Islam moderat memiliki urgensi penting di zaman sekarang sebagai pandangan dalam menghadapi kecenderungan yang muncul dalam memahami dan menjalani teks-teks keagamaan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam konten video yang diunggah oleh kanal Guru Gembul dengan fokus pada representasi Islam moderat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan data utama berupa video dari kanal Youtube Guru Gembul yang merepresentasikan Islam moderat. Teknik kepustakaan digunakan untuk pengumpulan data. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Islam moderat direpresentasikan dalam kanal Youtube Guru Gembul serta bagaimana representasi tersebut dilihat dari perspektif Hermeneutika Jorge J.E Gracia. Guru Gembul, dalam representasi Islam moderatnya, menekankan pentingnya toleransi, akurasi, dan kesadaran dalam berdiskusi dan berdialog antariman. Dia berusaha menghapus stigma negatif dan memperluas pemahaman terhadap Islam yang sebenarnya melalui konten yang inklusif dan reflektif di media sosialnya. Dengan demikian, pemikiran-pemikiran yang dituangkan dalam kanal Youtube-nya merupakan respon serta kritik atas keresahan-keresahan yang ia alami. Guru Gembul berkontribusi pada pembentukan pemahaman agama yang dinamis, adaptif, dan terbuka terhadap kritik, yang sangat penting di era informasi dan keberagaman saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Muhammad07020120040@student.uinsby.ac.id07020120040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, MuktafiMuktafi.sahal@uinsby.ac.id--
Subjects: Islam dan Humanisme
Kerukunan Beragama
Media Sosial
Pluralisme
Keywords: Islam Moderat; Hemeneutika; Representasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: MUHAMMAD ARDIANSYAH
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:33
Last Modified: 26 Jun 2024 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70855

Actions (login required)

View Item View Item