Variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi Shopee live (kajian sosiolinguistik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Candra Eka Dewi (2024) Variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi Shopee live (kajian sosiolinguistik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Candra Eka Dewi Safitri_03020420025 OK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
Candra Eka Dewi Safitri_03020420025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi shopee live serta Faktor-Faktor yang menyebabkan variasi bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk variasi bahasa dan faktor-faktor penyebab variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi shopee live. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk variasi bahasa yang terdapat di dalam siaran langsung jual beli online pada aplikasi shopee live?, 2) Apa saja faktor-faktor munculnya variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi shopee live?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik yang berfokus pada variasi bahasa yang digunakan di dalam transaksi jual beli online. Karena yang dibahas di dalam penelitian ini tentang hubungan bahasa dengan masyarakat sosial pedagang online. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi shopee live ini peneliti menjumpai adanya variasi bahasa daerah Indonesia Ke Jawa dan Indonesia Ke Sunda. Kemudian faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya variasi bahasa pada transaksi jual beli online di dalam aplikasi Shopee live yaitu 5 faktor situasi, 9 Faktor keakraban, 6 Faktor usia, dan 10 faktor jenis kelamin. Pada aat transaksi jual beli online pada aplikasi Shopee live masih banyak menggunakan bahasa ibu atau bahasa daerah, Karena mereka dari latar belakang sosial yang berbeda-beda. Seperti ketika pembeli dan penjual dari jawa maka mereka akan cenderung lebih menggunakan bahasa jawa. Variasi bahasa ini dapat menarik minat pembeli sehingga dapat menaikan omset penjualan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Candra Eka Dewicandraekchadewisafitri@gmail.com03020420025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Hubungan Masyarakat
Jual Beli
Media Sosial
Linguistik
Keywords: Variasi Bahasa; Sosiolinguistik; Jual Beli Online; Shopee Live.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Candra Eka Dewi Safitri
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:06
Last Modified: 28 Jun 2024 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70905

Actions (login required)

View Item View Item