Pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar seni tari peserta didik MINU Waru 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fa-izah, Arista Nur (2024) Pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar seni tari peserta didik MINU Waru 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arista Nur Fa-izah_06020720023.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Arista Nur Fa-izah_06020720023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran SBdP materi seni tari yang mempelajari berbagai teori pada jenis tarian di kelas VI MINU Waru 2 Sidoarjo belum begitu menarik, karena penjelasan hanya dengan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi yang dijelaskan. Tidak semua guru akan menggunakan media pembelajaran di dalam kelas. Sehingga penggunaan media sosial TikTok sebagai media pembelajaran yang menarik di kelas dianggap mampu meningkatkan minat belajar peserta didik saat pembelajaran SBdP materi seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar pada materi seni tari peserta didik kelas VI di MINU Waru 2 Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode penelitiannya Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VI MINU Waru 2 Sidoarjo, sampel yang dijadikan sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik dan sampel yang dijadikan kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, analisa data pada peneitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test kelas kontrol diperoleh sebesar 55,70, sedangkan post-test kelas eksperimen sebesar 70,85. Hasil uji-t diperoleh dari nilai sig (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar peserta didik kelas VI pada materi seni tari setelah diberi perlakuan menggunakan media sosial TikTok di MINU Waru 2 Sidoarjo. Perbedaan dari kedua kelas tersebut dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media sosial TikTok terhadap minat belajar seni tari peserta didik kelas VI di MINU Waru 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fa-izah, Arista Nuraristafaizah08@gmail.com06020720023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Media Sosial
Minat Siswa
Budaya
Keywords: Media Sosial TikTok; minat belajar; seni tari
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arista Nur Fa-izah
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:11
Last Modified: 03 Jul 2024 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71173

Actions (login required)

View Item View Item