Kompetensi manajerial dan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas sdm guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Fida Musfil Maulidatin (2024) Kompetensi manajerial dan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas sdm guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fida Musfil Maulidatin Nafisah_D93217054 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fida Musfil Maulidatin Nafisah_D93217054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi manajerial dan supervisi Kepala Madrasah di MAN 1 Probolinggo. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan meningkatkan kualitas SDM Guru di MAN 1 Probolinggo. 3) Mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi manajerial dan supervisi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas SDM Guru di MAN 1 Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala madrasah MAN 1 Probolinggo mendelegasikan tugas dan wewenang kepada para bawahan sesuai dengan bidangnya melalui struktur organisasi madrasah, 2) Kompetensi manajerial kepala madrasah mempunyai hubungan saling melengkapi satu sama lain dengan kinerja guru dan tenaga kependidikan di MAN 1 Probolinggo 3) Ada beberapa guru yang tidak mau dikrim untuk mengikuti pelatihan, pihak keluarga tidak mendukung yang bersangkutan untuk mengikuti pelatihan, faktor usia, kendala pengurusan pangkat, job description yang diberikan tumpang tindih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Fida Musfil Maulidatinfidanafisa991@gmail.comD93217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id0730037901
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Kompetensi Manajerial; Kepala Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fida Musfil Maulidatin Nafisah
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:15
Last Modified: 15 Jul 2024 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71550

Actions (login required)

View Item View Item