This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmiyah, Siti Wasiatul (2016) Peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual menggunakan metode time token siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini, pada pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapatnya. Siswa lebih sering mengemukakan pendapatnya melalui tulisan sehingga pembelajaran kurang aktif. Peneliti menemukan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan Taman terbilang rendah. Dari 20 siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan 70 sebanyak 30% atau sebanyak 6 siswa.
Tujuan dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah:1) untuk mengetahui proses pembelajaran sebelum diterapkan metode Time Tiken pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq. 2) untuk mengetahui penerapan metode Time Token dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan, Taman. 3)untuk mengetahui penngkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa menggunakan metode time token siswa kelas V MI Tarbiyatul Akhlaq, Krembangan, Taman.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin.Tindakan yang diberikan yaitu metode time token yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes performance. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta rubrik penilaian tes performance.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Keterampilan mengemukakan pendapat siswa sebelum diterapkan metode time token, terdapat 6 dari 20 siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan diatas KKM. 2)penerapan metode time token pada pembelajaran Bahasa Indonesia terlaksana secara efektif dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa. Hal itu dibuktikan pada siklus I nilai observasi siswa sebanyak 71%, pada siklus II mencapai 92%. Sedangkan nilai observasi aktivitas guru siklus I 72%, siklus II 92 %. 3) pembelajaran menggunakan metode time token dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat siswa. Dari hasil analisis data, nilai ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 67 % menjadi 95 % pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Metode Time Token; Bahasa Indonesia; Keterampilan Mengemukakan Pendapat | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Siti wasiatul ilmiyah | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 06:56 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2019 02:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7161 |
Actions (login required)
View Item |