"الأفعال الكلامية الإنجازية في أفلام أحمد بن حنبل في قناة اليوتوب "المها

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winanda, Jihan Mar'atul Amaliah (2024) "الأفعال الكلامية الإنجازية في أفلام أحمد بن حنبل في قناة اليوتوب "المها. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jihan Mar'atul Amaliah Winanda_A01218014 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jihan Mar'atul Amaliah Winanda_A01218014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2027.

Download (995kB)

Abstract

Tindak tutur elokusi merupakan konsep sentral dalam kajian pragmatik yang memfokuskan perhatian pada efek yang dimaksudkan yang dihasilkan oleh tuturan seseorang. Dalam konteks ini, tindak tutur tidak hanya dipandang sebagai pernyataan verbal semata, tetapi sebagai tindakan komunikatif yang melibatkan maksud yang tersirat atau tersembunyi. Elokusi mengacu pada penggunaan bahasa yang secara eksplisit menunjukkan niat pembicara dalam menyampaikan pesan kepada pendengar. Penelitian tentang tindak tutur elokusi dalam film imam ahmad bin hanbal mengidentifikasi berbagai jenis elokusi, termasuk perintah, janji, ancaman, dan lain-lain, yang masing-masing memiliki implikasi dan konsekuensi yang berbeda dalam konteks interaksi sosial. Pentingnya memahami tindak tutur elokusi pada film ini terletak pada kemampuan orang yang melihat filmnya untuk menggambarkan hubungan antara pembicara dan pendengar, serta bagaimana makna sebenarnya dari suatu tuturan sering kali melebihi kata-kata yang sebenarnya diucapkan. Dengan demikian, penelitian tentang tindak tutur elokusi pada film ini tidak hanya memberikan wawasan tentang struktur dan fungsi bahasa dalam komunikasi sehari-hari, tetapi juga mendalaminya sebagai wujud kecerdasan sosial yang melibatkan pemahaman yang mendalam tentang konteks, tujuan, dan implikasi dari tuturan seseorang dalam interaksi manusia. Sehingga dapat menarik perhatian dari pemirsa untuk melihat lebih dalam tentang film ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winanda, Jihan Mar'atul AmaliahJihanmaratul@gmail.comA01218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamalkamalinev@gmail.com2006067901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Film
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Tindak tutur ilokusi; film ahmad bin hanbal; almaha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jihan Mar'atul Amaliah Winanda
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:07
Last Modified: 16 Aug 2024 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71995

Actions (login required)

View Item View Item