Studi muatan fakta sejarah dalam film The Journey Tahun 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pahlevi, Mohammad Reza (2024) Studi muatan fakta sejarah dalam film The Journey Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Reza Pahlevi_A92217119 OK.pdf

Download (769kB)
[img] Text
Mohammad Reza Pahlevi_A92217119 Full.PDF
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Studi Muatan Faktra Sejarah dalam Film The Journey tahun 2021, yang bahasan masalahnya yakni: 1. Bagaimana latar belakang dari Film The Journey? 2. Bagaimana Fakta dan Fiksi dari Film The Journey? 3. Apa pelajaran yang bisa kita dapat dari Film The Journey? Dalam skripsi ini mengunakan metode pendekatan Historis yang mana menggungkapkan fakta sejarah yang terkandung dalam film The Journey. Caranya dengan menggumpulkan, mencocokan, lalu memverifikasi data dari sumber yang didapat untuk mendapatkan fakta dari sebuah scene dalam film tersebut. Menggunakan teori Mimetik dari Plato yang intinya adalah menjelaskan fakta fiksi dalam karya sastra sejarah yang terkandung didalamnya. Kesimpulan dari penelitian ini sendiri: 1. bahwa film ini dibuat dengan kerja sama Jepang Arab Saudi. 2. fakta dan fiksi sejarah dalam beberapa scene yang ada di Film the Journey ini banyak contohnya Fakta adalah Abrahah dan Abdul Mutthalib duduk bersandingan juga ditemani dua sahabatnya, angin dalam crita nabi Hud sesuai sejarah aslinya merah hitam dan putih, fiksinya pasukan Mekkah aslinya tidak ada, faktanya yang menyerang Abrahah adalah kabilah lain dari Jazirah Arab yakni Dzu Nafr dan lainya.3. pelajaran yang diambil dari film ini sendiri juga dijelaskan di beberapa scene dari Nabi-Nabi terebut yakni Iman, Sabar, serta Pemberani

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pahlevi, Mohammad Rezanrezapahlevi@gmail.comA92217119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@uinsa.ac.id2020017503
Thesis advisorGhazali, Imamimamghazalisaid@gmail,com2012026001
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Film
Keywords: Pasukan Gajah; Kisah para Nabi; Kabbah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Reza Pahlevi
Date Deposited: 30 Jul 2024 12:01
Last Modified: 30 Jul 2024 12:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72413

Actions (login required)

View Item View Item