Tinjauan hukum islam terhadap silent treatment dalam keluarga: studi kasus di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Putri Eka Safitri (2024) Tinjauan hukum islam terhadap silent treatment dalam keluarga: studi kasus di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Eka Safitri Ramadhani_05020120078 OK.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Putri Eka Safitri Ramadhani_05020120078 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, beberapa orang dalam keluarga di Kelurahan Miji Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto menggunakan sikap silent treatment sebagai respon dan penyelesaian konflik. Ketika silent treatment tersebut berakhir maka konflik pun juga ikut selesai, tidak ada pembahasan lebih lanjut diantara keduanya. Sehingga konflik tidak diselesaikan secara sehat dan konstruktif. Kedua, sikap silent treatment yang dilakukan sebagai penyelesaian konflik dalam keluarga tidak sesuai dengan ajaran Islam. Cara silent treatment tersebut berdampak negatif pada hubungan keluarga dan keharmonisan keluarganya. Sehingga terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan keluarga menjadi tidak harmonis dan membuat beberapa faktor dalam keharmonisan keluarga tidak terpenuhi dengan baik. Jika ditinjau dalam hukum Islam masih banyak cara lain yang lebih sehat dan konstruktif yang dapat dilakukan dalam menghadapi dan menyelesaikan konflik keluarga, demi terwujudnya kenyamanan dalam keluarga dan tercapainya keharmonisan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Putri Eka Safitri05020120078@student.uinsby.ac.id05020120078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keluarga
Orang tua dan Anak
Keywords: silent treatment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: putri eka safitri
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:12
Last Modified: 30 Jul 2024 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72461

Actions (login required)

View Item View Item