Pengaruh Islamic branding, Islamic advertising ethics dan labelisasi halal terhadap minat beli masyarakat pada minimarket Rejo Mart GKB Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningseh, Erlina Sintiya (2023) Pengaruh Islamic branding, Islamic advertising ethics dan labelisasi halal terhadap minat beli masyarakat pada minimarket Rejo Mart GKB Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlina Sintiya Ningseh_G94219143 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Erlina Sintiya Ningseh_G94219143.pdf

Download (979kB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara berpenduduk muslim terbesar yang mengakibatkan perkembangan industri ritel melaju pesat. Hal tersebut memunculkan peluang dan persaingan yang sangat sengit diantara pelaku usaha ritel, khusunya ritel syariah. Strategi yang tepat harus dilakukan agar dapat bersaing, yang mana hal tersebut menjadi usaha untuk menarik minat masyarakat untuk membeli produk di tempat kita. Salah satunya dengan membangun citra yang baik dengan penggunaan merek Islami, etika periklanan Islami, serta adanya labelisasi halal pada setiap produk yang kita jual. Penelitian ini dilatarbelakangi juga oleh maraknya branding dan periklanan dengan unsur syariah, serta keharusan setiap muslim untuk mengkonsumsi sesuatu yang halal. Oleh sebab itu, masyarakat muslim dituntut untuk selektif dalam memilih produk yang mereka konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh antara variabel Islamic branding, Islamic advertising ethics, dan labelisasi halal terhadap minat beli masyarakat pada minimarket Rejo Mart GKB Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini menyebar dan tidak diketahui jumlahnya secara pasti, sehingga diperoleh sampel sebanyak 97 responden melalui perhitungan rumus lemeshow. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, Islamic branding berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli, Islamic advertising ethics berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan labelisasi halal tidak dapat mempengaruhi minat beli masyarakat. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh antara Islamic branding, Islamic advertising ethics dan labelisasi halal terhadap minat beli masyarakat pada minimarket Rejo Mart GKB Gresik, yang mana pengaruhnya sebesar 62,3%, sedangkan sebesar 37,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Disarankan kepada pihak Rejo Mart agar lebih giat lagi dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha pemasaran Rejo Mart, khususnya kepada masyarakat sekitar bahwasanya semua produk yang dijual di Rejo Mart merupakan produk halal dan semuanya sudah berlabel halal, serta aman untuk dikonsumsi, sehingga minat masyarakat untuk melakukan pembelian bisa semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningseh, Erlina Sintiyaerlinasintiyaningseh@gmail.comG94219143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Pengambilan Keputusan
Keywords: Islamic Branding; Islamic advertising ethics; labelisasi halal; minat beli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Erlina Sintiya Ningseh
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:39
Last Modified: 02 Aug 2024 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72672

Actions (login required)

View Item View Item