Aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutrofin, Amirul (2024) Aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Amirul Mutrofin_06020120024 OK.pdf

Download (826kB)
[img] Text
Amirul Mutrofin_06020120024 Full.pdf

Download (2MB)

Abstract

Belakangan ini, Indonesia sering ditimpa berbagai bencana alam, Banyaknya bencana yang terjadi di tanah air ini mengharuskan adanya introspeksi diri baik dari pemerintah maupun masyarakat terhadap kepedulian lingkungan. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Krian Sidoarjo mulai dari bentuk-bentuk, proses, dan hasil aktualisasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data diidentifikasi dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran PAI dan BP di SMPN 1 Krian dilakukan melalui tiga bentuk, yaitu: (1) Verbal, (2) Keteladanan, dan (3) Pembiasaan. Proses aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) Transformasi nilai, (2) Transaksi nilai, dan (3) Aktualisasi nilai. Metode yang digunakan oleh guru dalam aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan adalah (1) Tanya jawab, (2) Hafalan, (3) Praktik, (4) Keteladanan, dan (5) pembiasaan. Hasil aktualisasi nilai-nilai peduli lingkungan di SMPN 1 Krian dinilai sudah memberikan banyak perubahan pada perilaku peserta didik seperti selalu mencuci tangan sebelum masuk kelas, tidak memakai baju olahraga saat sholat, dan tepat waktu dalam piket.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutrofin, Amirul06020120024@student.uinsby.ac.id06020120024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaliki Abitolkha, Amiramir.abitolkha@gmail.com2008117112
Thesis advisorNasihuddin, Muhammad--2024116701
Subjects: Budaya - Agama
Disiplin Sekolah
Remaja, Gaya hidup
Adat
Keywords: Aktualisasi; Nilai-nilai peduli lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amirul Mutrofin
Date Deposited: 23 Aug 2024 05:38
Last Modified: 23 Aug 2024 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72746

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item