UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COMMONALITIES (KESAMAAN-KESAMAAN)DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL UMMAH SIDAYU GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Chalimatus (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COMMONALITIES (KESAMAAN-KESAMAAN)DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL UMMAH SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar matematika di kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik pada materi operasi hitung campuran rendah. Hal ini tercermin pada hasil wawancara pada guru mata pelajaran matematika serta hasil nilai angket yang diisi oleh siswa sebelum dilakukan penelitian jauh dari kategori motivasi tinggi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Commonalities pada mata pelajaran Matematika kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Matematika siswa kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik setelah mengunakan metode Commonalities?.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan metode Commonalities pada mata pelajaran Matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik. (2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik setelah mengunakan metode Commonalities.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Nahdlatul Ummah Sidayu Gresik tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 31 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa menjadi tinggi dan sangat tinggi. Skor aktivitas guru siklus I sebesar 88 dan siklus II sebesar 100. Penerapan metode commonalities pada pembelajaran matematika berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tiap refleksi. Hasil siklus aktivitas guru meningkat dari 88 (Baik) pada siklus 1 menjadi 100 (Sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 63 (kurang) pada siklus 1 menjadi 88 (baik) pada siklus II. Penerapan pembelajaran matematika melalui metode commonalities dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang terlihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus 68 (Rendah), siklus 1 sebesar 74 (Cukup tinggi), dan siklus II sebesar 85 (Tinggi). Prosentase peningkatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi sebesar 6,45% dari nilai awal sebelum dilakukan siklus, siklus I sebesar 16,12%, dan siklus II sebesar 93,54%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, ChalimatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Commonalities; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chalimatus Saidah
Date Deposited: 13 Jul 2016 08:13
Last Modified: 13 Jul 2016 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item