Usaha jasa desain grafis affinity designer dalam perspektif etika produksi Islam pada ruangdesain_IDN Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kafa, Faid Muhammad Al (2024) Usaha jasa desain grafis affinity designer dalam perspektif etika produksi Islam pada ruangdesain_IDN Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faid Muhammad Al Kafa_08010420011.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Faid Muhammad Al Kafa_08010420011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan aplikasi tidak berlisensi ini biasanya dilakukan oleh pebisnis untuk mengurangi biaya tambahan, termasuk yang dilakukan oleh ruangdesain_idn. Namun seharusnya berbisnis tidak hanya sekedar mencari keuntungan semata. Pebisnis perlu juga mempertimbangkan etika pada setiap proses di dalam bisnisnya yang nantinya akan berimbas baik untuk bisnisnya. Etika merupakan ilmu tentang baik dan buruknya suatu hal sesuai dengan akal pikiran manusia. Sebagai negara yang sebagian penduduknya penduduknya beragam islam, indonesia dalam pelaksanaan etika bisnis islam ini sudah seharusnya dilakukan oleh pebisnis-pebisnis muslim di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi usaha jasa desain grafis ruangdesain_idn Lamongan serta mengetahui dalam perspektif etika bisnis islamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, yaitu jenis penelitian yang mengkaji teori-teori yang berlaku serta meninjau apa yang terjadi dalam realitas sosial. Pendekatan penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, di mana proses penelitian didasarkan pada persepsi fenomena dengan pendekatan data yang menghasilkan analisis deskriptif dari kalimat lisan subjek penelitian. Pendekatan kualitatif membutuhkan pengetahuan yang luas dari peneliti karena mereka melakukan wawancara langsung dengan subjek penelitian. Data yang diperoleh bersumber dari pihak yang terlibat langsung dalam Ruangdesain_idn, termasuk pendiri dan desainer adalah sumber data utama penelitian ini. Serta sumber data yang berasal dari literatur sebelumnya, seperti buku-buku, jurnal, internet, media sosial dan kepustakaan lain. Penelitian mengungkapkan bahwa ruangdesain_idn Lamongan menggunakan aplikasi Affinity Designer untuk menciptakan desain grafis dan telah sesuai dengan teori produksi desain grafis menurut Michael Kroeger. Kemudian perspektif etika bisnis Islam dalam produksi ini tercermin dalam setiap indikator-indikator etika produksi ruangdesain_idn. Indikator-indikator tersebut ialah pertama, menghindari negative externalities karena akan merugikan masyarakat; kedua, efesiensi produksi dan keseimbangan alam; ketiga, mengutamakan produksi sektor dharuriyat; dan keempat bertujuan untuk kemaslahatan individu, keluarga, masyarakat, dan negara. Ruangdesain_idn memastikan bahwa setiap desain yang dihasilkan tidak hanya memenuhi standar estetika visual, tetapi juga membawa dampak positif sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana produksi usaha jasa desain grafis dapat dilaksanakan dengan efektif dan sesuai dengan nilai-nilai etika produksi Islam. Dengan demikian, rekomendasi diberikan untuk mempertahankan dan meningkatkan praktik-praktik positif yang telah ditemukan selama penelitian ini. Selain itu, perlu terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan terkini terkait aplikasi desain grafis, seperti Affinity Designer, guna memastikan kesesuaian dengan tuntutan pasar dan kebutuhan klien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kafa, Faid Muhammad Alfaidmuhalkafa@gmail.com08010420011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahmasadah789@gmail.com2105127801
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Proses produksi; etika produksi dalam Islam; desain grafis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faid Muhammad Al Kafa
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:46
Last Modified: 27 Aug 2024 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72864

Actions (login required)

View Item View Item