Strategi peningkatan penjualan produk gula manis kita studi kasus Perum Bulog Kantor Cabang Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salma, Amidatus (2024) Strategi peningkatan penjualan produk gula manis kita studi kasus Perum Bulog Kantor Cabang Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amidatus Salma_08010320007.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Amidatus Salma_08010320007_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin maju mendorong perusahaan swasta dan pemerintahan maupun badan usaha lainnya menciptakan persaingan antara sesama perusahaan, hal ini menyebabkan perusahaan harus selalu mempersiapkan strategi yang tepat guna meningkatkan penjualan. Dengan menganalisis internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan penjualan produk gula manis kita dengan menggunakan SWOT. Analisis SWOT dapat membantu perusahaan menganalisis item mana yang harus dikurangi dan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis triangulasi data. Triangulasi sumber data adalah menggali kebenaran informasi tertentu dengan menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan oleh Perum BULOG Kantor Cabang Bojonegoro dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy) sehingga jawaban sementara sebagaimana yang dikemukakan dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan cara 1) Lokasi yang strategis memudahkan kerja sama antar lini; 2) Memaksimalkan peran anak perusahaan sebagai supplier komoditi gula untuk menjaga kesediaan stok dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat; 3) Mengoptimalkan peran RPK sebagai jaringan distribusi penjualan produk-produk kebutuhan pokok; 4) Menjaga kualitas produk dan harga sebagai nilai tambah dalam penawaran kerjasama dengan pemda dan BUMN lain; dan 5) Sebagai stabilisator harga, dan stok produk. Penelitian ini memberikan rekomendasi atau solusi terhadap perusahaan agar memaksimalkan media sosial secara penuh, aktif dan kreatif. Karena promosi yang dilakukan saat ini belum efektif perlu adanya pelatihan lanjutan khususnya dibidang digital marketing, jangkauan pasar yang terbatas diharapkan memperluas dengan memanfaatkan RPK sebagai mitra untuk distribusi produk yang dimiliki oleh Bulog. Sistem pembayaran yang masih dilakukan dengan cara cash and carry perlu adanya inisiatif dengan mengikuti kecanggihan teknologi seperti adanya pembayaran secara QRIS. Terkait Sumber Daya Manusia yang dirasa masih kurang perlu adanya rekrutmen agar kinerja Bulog semakin maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salma, Amidatusamidatussalma@gmail.com08010320007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArdyanfitri, Helminahelmina.ardyanfitri@uinsby.ac.id0028079401
Subjects: Manajemen Strategi
Keywords: Pertumbuhan ekonomi; peningkatan penjualan; persaingan bisnis; strategi bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Salma Amidatus Salma Salma
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:06
Last Modified: 03 Sep 2024 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73212

Actions (login required)

View Item View Item