Optimalisasi strategi pemasaran industri kerupuk pak muncul di desa punggul sidoarjo guna meningkatkan pendapatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latif, Salwa Sabrina (2024) Optimalisasi strategi pemasaran industri kerupuk pak muncul di desa punggul sidoarjo guna meningkatkan pendapatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salwa Sabrina Latif_08010120020.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Salwa Sabrina Latif_08010120020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak sentra industri kecil dan rumah tangga yang tersebar di daerah pedesaan. Industri makanan menjadi yang tertinggi karena kebutuhan harian masyarakat Indonesia. Kerupuk menjadi salah satu olahan khas dari Indonesia, bahkan menjadi ikon dari negara Indonesia. Industri kerupuk Pak Muncul tidak hanya menjadi penyokong perekonomian lokal melalui pembukaan lapangan pekerjaan bagi warga desa Punggul, tetapi juga menjadi bagian dari konteks yang lebih luas di kecamatan Gedangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari industri kerupuk pak Muncul berdasarkan analisis SWOT dalam meningkatkan pendapatan dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat sebagai bentuk optimalisasi dalam meningkatkan pendapatan di industri kerupuk milik Pak Muncul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian studi kasus (Case study) adalah pendekatan dalam penelitian kualitatif yang mendalam untuk menyelidiki berbagai kumpulan inividu, instansi, dan sebagainya dalam jangka waktu tertentu. Jumlah narasumber dalam penelitian ini sebanyak 12 orang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalm, observasi lapangan dan traiangulasi data dengan teknik analisis SWOT. Hasil dalam penelitian ini menujukkan bahwa posisi industri kerupuk Pak Muncul berada di kuadran I. Dimana kuadran I merupakan posisi yang menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang. Industri dapat memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengadopsi strategi strength opportunities dengan mengembangkan perusahaan berdasarkan kebijakan pertumbuhan agresif. Pendekatan yang harus diterapkan dalam posisi ini adalah Growth Oriented Strategy. Menambah jangkauan pasar, memanfaatkan teknologi, serta berinovasi dalam produk dapat menjadi salah satu langkah untuk lebih mengoptimalkan strrategi pemasaran yang telah ada.Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada industri kerupuk Pak Muncul agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan cara mencoba untuk memasuki pasar baru yang lebih luas, menjangkau targe pasar dari berbagai macam daerah, dan juga menggunakan teknologi dalam pemasarannya. Selain itu diharapkan juga dapat mempertahankan kualitas produk dan ciri khasnya meskipun melakukan inovasi untuk semakin meningkatkan daya tarik konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latif, Salwa Sabrinasalwasabrinalatif@gmail.com08010120020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsa.ac.id199001092019032014
Subjects: Manajemen
Manajemen Strategi
Masyarakat
Keywords: analisis SWOT; home industry; optimalisasi; strategi pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Salwa Sabrina Latif
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:54
Last Modified: 05 Sep 2024 00:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73320

Actions (login required)

View Item View Item