Pengharuh sistem pengajaran modul terhadap kompetensi guru pendidikan agama Islam SD/MI Non Nip di Progran Penyetaraan Diploma II Kantor Departemen Agama Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhriyah, Umi (1999) Pengharuh sistem pengajaran modul terhadap kompetensi guru pendidikan agama Islam SD/MI Non Nip di Progran Penyetaraan Diploma II Kantor Departemen Agama Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana pelaksanaan pengajaran modul di program penyetaraan Diploma di SATGAS KANDEPAG Kabupaten Sidoarjo, bagaimana kompetensi GPAI SD/MI non NIP di program penyetaraan diploma II KAMDEPAG Kabupaten Sidoarjo, apakah ada pengaruh sistem pengajaran modul terhadap kompetensi guru pendidikan agama Islam SD/MI non NIP di PPD II kantor departemen agama Kabupaten Sidoarjo. Adapaun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi dari semua mahasiswa angkatan VII semester IV dan angkatan IX semester II berjumlah 160 orang, sampelnya diambil 20% dari jumlaah populasi yang jumlahnya 32 mahasiswa, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang analisis datanya menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) pelaksanaa pengniaran modul dii program penyurtaraan Diplonra ll GPAI SD/\MI non NIP satuan tugas SATGAS Kabupaaten Sidoarjo dilakukan dengan cara mahasiswa mandiri (Belri) baik dilakukan secara indiviidu maupun kelompok dan dikombinasikan dengan pertemuan tatap muka secara berkala, dimana dalam pertemuan talap muka dengan menghadirkan titor atau pembimbing untuk memberikan bimbingan belajar atau untuk rnernbantu mahasiswa dalam memecahkan kesulitan belajar baik yang bersifat teori atau praktek. Hal-hal yang belum dipahami didiskusikan mahasiswa dengan bimbingan tutor, (2) untuk kompetensi GPAI SD/MI non NIP di program penyetaraan diploma satuan tugas Kabupaten Sidoarjo adalah baik yang mencakup kompetensi-kompetens yang harus dimliki seorang GPAI yaitu kompetensi personal, kompetensi I'i professional dan kompetensi social. Hal tersebut berdasarkan angket tentang kompetensi yang harus dimiliki GPAI yang memiliki rata-rata 8. Jadi kompetensi GPAI SD/MI non NIP di lingkungan program Penyetaran Diplonra II Kabupaten Sidoarjo adalah baik. (3) dari analisa data tentang pengaruh pengajaran modul terhadap kornpetensi GPAI SD/MI non NIP rnenuniukkan adanya korelasi signifikan karena hasil annlisis lebih besar dari hasil atau nilai "r" dalam tabel product moment, baik untuk N=32 harga "r' 5% = 0,349 dan 1 % = 0.449. Sedangkan hasil dari analisis adalah 0,565. Sehingga dapat ditetapkan bahwa sistem pengajaran PPD II modul dapat meningkatkan mutu GPAI SD/MI non NIP di Kandepag kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mahmudi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhriyah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Pengajaran modul; kompetensi guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:36
Last Modified: 24 Sep 2021 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7362

Actions (login required)

View Item View Item