This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitalucha, Nadia (2009) URGENSI BELAJAR MANDIRI (SELF MOTIVATED LEARNING) DALAM MEMAHAMI MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FKIP JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Di satu sisi tantangan kehidupan semakin keras, dan masalah yang menghadang kehidupan manusia semakin banyak, di sisi lain biaya pendidikan dalam system tradisional semakin mahal. Satu segi yang menguntungkan pada masa ini adalah semakin tersedianya sumber- sumber belajar yang dapat dipelajari sendiri, tanpa perlu banyak bantuan dari orang lain. Yang mana sumber- sumber tersebut berupa pustaka atau buku- buku. Belajar mandiri merupakan kegiatan belajar yang memberikan otonomi penuh kepada kepada pembelajar. Dengan kata lain belajar mandiri juga dapat dikatakan sebagai kegiatan belajar dengan atau tanpa bantuan orang lain.
Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah yang dapat diangkat ; pertama Bagaimana implementasi belajar mandiri ( self motivated learning ) dalam memahami mata kuliah pendidikan agama islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra indopnesia UNIPA Surabaya, kedua Bagaimana pemahaman mahasiswa dalam memahami mata kuliah pendidikan agama islan di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya, ketiga bagaimana urgensi belajar mandiri (self motivated learning ) dalam memahami mata kuliah pendidikan agama islan di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif namun tidak memungkiri adanya data numerik yang berupa angka- angka dan untuk mendapatkan data tentang urgensi belajar mandiri ( self motivated learning ) dalam memahami mata kuliah pendidikan agama islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya. Setelah data terkumpul penelitian dianalisis dengan mengunakan teknik porsentase, kemudian penelitian dideskriptifkan untuk mendapatkan kesimpulan dengan mengunakan metode observasi, dokumentasi, interview, dan angket
Implementasi belajar mandiri di FKIP UNIPA Surabaya dilakukan dengan cara: pembahasan kontrak kuliah, pembahasan strategi belajar, pembahasan system evaluasi, dan tahap terakhir adalah pelaksanaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode belajar mandiri cukup penting atau urgen dalam memahami mata kuliah pendidikan agama islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya dengan indikator- indikator sebagai berikuit : Menunbuhksn motivasi, mempermudah mengingat materi, meningkatkan keterampilan, mempermudah pemahaman, memecahkan masalah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | SELF MOTIVATED LEARNING | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 04 Feb 2015 08:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8075 |
Actions (login required)
View Item |