This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shonia, Dini Rohmatu (2023) Peran kelompok pertemanan dalam membentuk karakter sosial di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dini Rohmatu Shonia_10040321089.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Dini Rohmatu Shonia_10040321089_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kelompok pertemanan dalam pembentukan dan perubahan karakter siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Surabaya. Masa remaja merupakan fase penting dalam perkembangan identitas, di mana kelompok pertemanan menjadi salah satu faktor sosial yang paling berpengaruh dalam membentuk nilai, sikap, dan perilaku individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap siswa dan guru di SMAN 15 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pertemanan memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa melalui interaksi sosial yang bersifat simbolik dan berkelanjutan. Karakter yang terbentuk antara lain meliputi tanggung jawab, disiplin, kepercayaan diri, kerja sama, dan empati. Proses pembentukan karakter ini terjadi melalui tahapan interaksi, pertukaran simbol dan makna, internalisasi nilai kelompok, serta penyesuaian diri terhadap norma yang berlaku. Teori Interaksionisme Simbolik milik George Herbert Mead digunakan sebagai pisau analisis untuk menjelaskan bagaimana konsep “self”, “significant others”, dan “generalized other” berperan dalam proses tersebut. Kelompok pertemanan tidak hanya menjadi tempat bersosialisasi, tetapi juga menjadi agen pembentuk karakter siswa secara sosial dan psikologis. Dengan demikian, interaksi dalam kelompok pertemanan dapat menghasilkan perubahan karakter yang bersifat positif apabila diarahkan secara tepat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Disiplin Sekolah Kenakalan Anak dan Remaja Media Sosial |
||||||||
Keywords: | peer group; character formation; symbolic interactionism; high school students | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Dini Rohmatu Shonia | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:54 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |