This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salmawati, Salmawati (2010) KINERJA KONSELOR DALAM MENGHADAPI SISWA USIA PUBERTAS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana kinerja konselor dalam menghadapi siswa usia pubertas, apa saja kendala kinerja konselor dalam menghadapi siswa usia pubertas dan bagaimana cara mengatasi kendala kinerja konselor di MTs Negeri 3 Surabaya. Sedangkan tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui hasil kinerja konselor dalam menghadapi siswa usia pubertas di MTs Negeri 3 Surabaya.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan keadaan mengenai hasil kinerja konselor dalam menghadapi siswa usia pubertas. Kemudian data penulis dihimpun melalui 3 cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh di paparkan secara deskriptif, selanjutnya di analisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data yang dimulai dengan menerangkan, memilih hal-hal pokok dan memfokuskan pada hal penting dari data yang diperoleh di lapangan, setelah tahap ini selesai di lakukan penyajian data dalam bentuk kata-kata kalimat, dan tabel, langkah selanjutnya adalah kesimpulan / verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja konselor di MTs Negeri 3 Surabaya cukup optimal dalam menghadapi siswa pada usia pubertas, dengan memiliki beberapa kekurangan baik dari latar belakang pendidikan, teknik pelaksanaan, sarana dan prasarana yang terbatas, tidak adanya alokasi waktu atau jam masuk kelas. Kesemua itu merupakan kendala atau hambatan bagi konselor sehingga menyebabkan sebagian besar siswa di MTs Negeri 3 Surabaya bersifat tertutup / mengisolasi diri, memiliki pandangan-pandangan yang negatif dan seterusnya. Oleh karena itu, petugas konselor atau guru pembimbing perlu di bekali secara ideal berijasah FIP - psikologi pendidikan dan bimbingan agar dapat menjadi petugas konselor yang profesional sehingga interaksi antara siswa dan konselor terjalin dengan baik dan lancar dalam Menemukenali jati diri siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Imam Bawani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling | ||||||
Keywords: | Kinerja Konselor, Pubertas, MTs Negeri 3 Surabaya | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2015 04:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8280 |
Actions (login required)
View Item |