Perbandingan penerapan strategi Moonton di pasar gim mobile MOBA Indonesia-Vietnam pada mobile legends

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setia, Wingga Dwi (2025) Perbandingan penerapan strategi Moonton di pasar gim mobile MOBA Indonesia-Vietnam pada mobile legends. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wingga Dwi Setia_10020221070 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Wingga Dwi Setia_10020221070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perbedaan penerapan strategi Moonton di pasar gim mobile MOBA Indonesia-Vietnam pada Mobile Legends dan mencoba menjawab mengapa perbedaan tersebut terjadi. Metode yang digunakan adalah kualitatif-komparatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis data interaksionis Miles & Huberman yang dikombinasikan dengan cara komparatif Esser dan Vliegnthart akan digunakan dalam memaparkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Moonton melakukan perbedaan penerapan pada strategi multidomestic di Indonesia berupa membuka kantor cabang serta partnership dengan operator jaringan, sedangkan pada Vietnam Moonton melakukan kerjasama dengan perusahaan VNG dalam memenuhi ketentuan kebijakan lokal untuk perlilisan. Pada penerapan product di Indonesia Moonton memberikan customer service dan server lokal yang terhubung ke global, sedangkan pada product Vietnam ada pada customer service dan server lokal terpisah dengan versi produk yang lebih ringan dari versi global. Penerapan price di kedua negara terdapat perbedaan karena penggaruh ekonomi dalam negeri. Penerapan strategi place di Indonesia menggunakan platform populer Play Store dan App Store, sedangkan pada Vietnam terdapat tambahan penerapan place berupa platform lokal VNG. Penerapan promotion di pasar Indonesia berupa karakter dengan budaya lokal, penggung esport dan komunitas yang konsisten serta menggandeng influencer, sedangkan pada Vietnam terdapat lokalisasi bahasa dan menggandeng streamer sebagai cara promosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setia, Wingga Dwiwinggadwisetia03@gmail.com10020221070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatullah, Nur Luthfiluthfi2006@gmail.com2009049102
Subjects: Hubungan Internasional
Manajemen Strategi
Bisnis
Keywords: Strategi; Moonton; Indonesia; Vietnam; Pasar
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Wingga Dwi Setia
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:43
Last Modified: 29 Jul 2025 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83397

Actions (login required)

View Item View Item