This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Subairi, Subairi (2010) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Subairi D01206147.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Dalam merampungkan karya ilmiah skripsi dengan judul tersebut, penulis melakukan penelitian ke salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Sampang, Madura. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan adanya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa untuk menggambarkan suatu tujuan, diantaranya:
1.Tingkat pendidikan orang tua siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang
2.Motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang
3.Ada dan tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang.
Adapun metode yang dipakai dalam pengumpulan data antara lain: Angket, Dokumentasi, Observasi, dan Interview.
Dan untuk menganalisa data tersebut, penulis menggunakan analisa statistik yaitu prosentase dan tekhnik analisa Chi kuadrat.
Kesimpulan yang diperoleh dari penlitian ini adalah sebagai berikut:
1.Bahwa 5 % orang tua siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang memiliki tingkat pendidikan Perguruan Tinggi, 14,6 % memiliki tingkat pendidikan SMA/MA, 28 % memiliki tingkat pendidikan SMP/MTS, dan 52,4 % memiliki tingkat pendidikan SD/MI.
2.Bahwa motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang menunjukkan sebanyak 91,4 % siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sebanyak 8,6 % siswa memiliki motivasi belajar yang rendah.
3.Berdasarkan analisa penulis, bisa diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sokobanah Sampang. Karena hasil perhitungan χ2 lebih kecil dari harga kritik yaitu 1,699 7,815 sehingga hasilnya tidak signifikan.
Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada orang tua agar bisa memberikan perhatian secara khusus kepada putra-putrinya, dengan memberi perhatian saat belajar serta memantau proses belajar mereka. Orang tua juga diharapkan selalu berkomunikasi dengan pihak sekolah agar bisa memotivasi putra-putrinya untuk belajar dan berprestasi secara optimal. Sedangkan saran untuk guru, adalah memperhatikan kebutuhan siswa terutama pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan memberikan petunjuk-petunjuk belajar sehingga seluruh siswa akan memilki motivasi belajar yang tinggi. Maka tujuan pendidikan akan yang diharapkan akan tercapai dengan baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua; Motivasi Belajar Siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 07:49 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8352 |
Actions (login required)
View Item |