This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, Siti Nur (2010) KORELASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN (TITO) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMPN 1 GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru. Akibatnya proses pembelajaran cenderung membosankan dan menjadikan siswa pasif dalam belajar. Maka dari itu, perlu kiranya dicarikan formula pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan dilaksanakannya model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Pembelajaran kooperatif tipe Tito yang secara pelaksanaannya siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil dengan anggota 2-6 siswa tiap kelompok. Setiap siswa diberi kupon bicara dan secara acak guru memanggil salah satu kelompok. Tito pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok dimana setiap siswa diberi kupon bicara, bicara disini bukan asal bicara akan tetapi bicara yang sesuai dan ada hubungannya dengan materi yang dibahas. Apabila siswa telah menghabiskan kuponnya, siswa itu tidak dapat berbica lagi. Sudah barang tentu, ini menghendaki agar siswa yang masih pegang kupon untuk ikut berbicara dalam diskusi itu. Cara ini menjamin keterlibatan semua siswa.Cara ini juga merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tito dalam Bidang Studi PAI, 2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa, 3) Dan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi model pembelajaran kooperatif tipe Tito terhadap keaktifan belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional di mana analisisnya menggunakan statistic dan dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik di antaranya adalah observasi, interview, angket, serta dokumentasi. Data yang diperoleh untuk menjawab permasalahan di atas adalah 1) bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Tito pada proses pembelajaran PAI adalah tergolong baik dengan nilai 79%, 2) bahwa keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI adalah tergolong baik dengan prosesntase 81%. Sedangkan ada tidaknya korelasi model pembelajaran kooperatif tipe Tito terhadap keaktifan belajar siswa dalam bidang studi PAI dibuktikan dengan hasil dari rumus product moment yaitu 0.55 yang dikonsultasikan dengan interpretasi r tabel dan hasilnya adalah sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Time Token; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 03:19 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8359 |
Actions (login required)
View Item |