This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khuswatun, Muji (2025) Strategi kampanye Caleg Petahana Pranaya Yudha Mahardhika pada pemilu DPRD Provinsi Jawa Timur 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Muji Khuswatun_10040121096 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Muji Khuswatun_10040121096 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 October 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye yang dilakukan oleh calon legislatif petahana Pranaya Yudha mahardhika pada Pemilu DPRD Provinsi Jawa Timur 2024. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi kampanye caleg petahana Pranaya Yudha Mahardhika pada pemilu DPRD Jawa Timur tahun 2024, bagaimana peluang dan tantangan caleg petahana Pranaya Yudha Mahardhika pada pemilu DPRD Jawa Timur tahun 2024. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan desain riset studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan teori utama Marketing Politik yang dikemukakan oleh Niffeneger serta teori Patronase yang dikemukakan oleh Edward Aspinall sebagai teori pendukung. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi kampanye yang dibangun kandidat meliputi, strategi produk, strategi promosi, strategi segmentasi, strategi targeting, dan strategi positioning, strategi price, dan strategi place untuk menarik dukungan pemilih. Strategi produk meliputi platform partai, rekam jejak kandidat, dan karakteristik pribadi kandidat. Strategi promosi yang dilakukan kandidat meliputi pertemuan langsung/bertatap muka terhadap pemilih (konstituen), kandidat membentuk citra di benak pemilih melalui berbagai media, kandidat juga menggait dukungan individu/organisasi masyarakat berbasis massa. Strategi segmentasi yang dibangun adalah strategi berdasar aspek demografi berdasarkan kelas etnis, agama, dan usia. Strategi penargetan kandidat menetapkan sasaran sebanyak 80.000 suara, yang terdiri dari 40.000 suara yang ditargetkan di Banyuwangi, 10.000 suara di Situbondo, dan 30.000 suara di Bondowoso. Strategi price meliputi pengeluaran dana kampanye dan psikologis, strategi place meliputi lokasi fisik, penggunaan media sosial, penggunaan media tradisional, dan turun langsung ke masyarakat. Peluang kandidat meliputi pengalaman sebagai petahana, reputasi dan kepercayaan masyarakat, berasal dari partai pemenang ke-3 di dapil IV. Tantangan yang dihadapi kandidat meliputi black campaign, praktik money politics, dan ekspektasi tinggi dari masyarakat. Meskipun demikian, dengan pendekatan edukatif dan upaya meningkatkan kesadaran pemilih, Pranaya Yudha dan tim suksesnya berusaha mengatasi tantangan tersebut.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Manajemen Strategi Partai Politik Pemilihan Umum |
||||||||
| Keywords: | Strategi Kampanye; Caleg Petahana; Pemilu Legislatif. | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
| Depositing User: | Muji Khuswatun | ||||||||
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 06:13 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Oct 2025 06:13 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
