This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laksono, Iwan Dwi (2011) Pengaruh program Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) terhadap profesionalitas pembelajaran guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (415kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan khususnya sekolah dasar merupakan salah satu fokus perhatian dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah Dasar adalah satuan pendidikan formal pertama yang mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan sikap dam kemampuan dasar serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar. Guru memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran guna menetukan dan mengarahkan segala kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar erat kaitanya dengan pola dan strategi pendidikan yang diterapkan oleh guru dalam mengorganisasikan dan mengelola kelas. Kelompok kerja guru disingkat KKG adalah suatu wadah pembinaan profesional bagi para guru yang tergabung dalam organisasi gugus sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah meneliti tentang bagaimanakah program kelompok kerja guru pendidikan agam islam (KKG PAI), bagaimanaka kualitas pembelajaran guru sekolah dasar anggota KKG PAI, dan bagaiman pengaruh program kelompok kKKG PAI terhadap kualitas pembelajaran guru sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dijelaskan dengan tekhnik anlisis regresi linier sederhana, dan pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan angket pada anggota KKG PAI dan Kepala Sekolah.
Setelah diadakan analisa terhadap data dengan menggunakan tekhnik analisa regresi linier, akhirnya dapat diketahui Koefisien determinasinya adalah r2 = 0.4862 = 0.236, hal ini berarti kualitas pembelajaran guru anggota KKG PAI di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek sebesar 23.6% melalui persamaan regresi Y = 11,52 + 0,43 (95,9). Sedangkan sisanya, 76.4% dipengaruhi oleh faktor lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Pendidikan > Profesionalisme Guru |
||||||
Keywords: | KKG PAI; Profesionalitas; Pembelajaran Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 25 May 2018 06:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |