AD DIROSAH AT TAQOBULIYAH BAINA LUGHOTIL ARABIYAH WAL LUGHOTIL INDUNISIYAH 'ALA MUSTAWAL FONIMI WA ATSARUHA FI TA'LIMIL ASHWAT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widad, Siti Zahrotul (2016) AD DIROSAH AT TAQOBULIYAH BAINA LUGHOTIL ARABIYAH WAL LUGHOTIL INDUNISIYAH 'ALA MUSTAWAL FONIMI WA ATSARUHA FI TA'LIMIL ASHWAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama yang lainnya, begitupun antara bahasa Arab dengan bahasa Indonesia. Adanya perbedaan fonem ini sering kali menimbulkan interferensi di dalam pembelajaran Linguistik bagi pelajar Indonesia serta menimbulkan kesalahan dalam berbahasa. Dari peristiwa tersebut penulis akan meneliti tentang persamaan dan perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia pada tingkatan fonem serta pengaruhnya pada pembelajaran Linguistik, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia, 2) Bagaimana persamaan dan perbedaan fonem vokal dan konsonan bahasa Arab dan bahasa Indonesia, 3) Kesulitan-kesulitan seperti apa yang dihadapi pelajar dalam pembelajaran Linguistik dan bagaimana solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif berbahasa yang menggunakan beberapa langkah, yaitu mendeskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Indonesia, menganalisis persamaan dan perbedaannya, memprediksi kesulitan yang dilakukan pelajar Indonesia dalam belajar Linguistik, dan menentukan cara untuk penyampaian pengajaran.Dari hasil penelitian diketahui bahwa vokal bahasa Arab ada enam yang terbagi ke dalam vokal pendek dan vokal panjang. Sementara vokal bahasa Indonesia ada enam yaitu, i, e, a, ∂, u, o . dari kedua fonem vokal bahasa Arab dan bahasa Indonesia memiliki kesamaan yang cukup besar, bedanya hanya dalam vokal panjangnya, dimana dalam bahasa Indonesia tidak ada vokal panjang. Untuk konsonan dalam bahasa Arab ada dua puluh delapan, yaitu ء٬ ب٬ ت٬ ث٬ ج٬ ح٬ خ٬ د٬ ذ٬ ر٬ ز٬ س٬ ش٬ ص٬ ض٬ ط٬ ظ٬ ع٬ غ٬ ف٬ ق٬ ك٬ ل٬ م٬ ن٬ و٬ ه ٬ ي dan konsonan dalam bahasa Indonesia ada dua puluh tiga, yaitu b, p, m, w, f, d, t, n, l, r, z, s, ʃ, ñ, j, c, y, g, k, ŋ, x, h, ?. persamaan dan perbedaan kedua fonem terdapat dalam sifat dan makhrajnya. Dari perbedaan ini diprediksi pelajar Indonesia akan mengalami kesulitan ataupun kesalahan dalam mengucapkan fonem yang berbeda itu. Berdasarkan perbandingan ini, maka pengajaran Linguistik bagi pelajar Indonesia adalah dimulai dengan cara latihan mengucapkan dan dilanjutkan dengan pengulangan (Drill).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widad, Siti Zahrotulzahrotulwidad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Widad Siti Zahrotul
Date Deposited: 19 Aug 2016 06:14
Last Modified: 19 Aug 2016 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item