Korelasi tingkat muraja’ah hafiz al-Qur’an dengan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa program studi ilmu al-Qur’an dan tafsir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2020-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Ghali Ihtifazhuddin (2024) Korelasi tingkat muraja’ah hafiz al-Qur’an dengan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa program studi ilmu al-Qur’an dan tafsir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tahun 2020-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghali Ihtifazhuddin Achmad_07020320041.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ghali Ihtifazhuddin Achmad_07020320041_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Berbagai penelitian menyebutkan keutamaan menghafal Al-Qur’an di antaranya seseorang yang menghafal Al-Qur’an sel-sel otak dan tubuhnya akan senantiasa aktif dan lebih kuat, jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak menghafal Al-Qur’an. Sehingga orang yang menghafal Al-Qur’an lebih cepat memahami, lebih teliti, dan lebih hati-hati. Kemampuan ini akan terus terlatih seiring para hafiz Al-Qur’an mengulang secara terus-menerus hafalannya. Hafalan Al-Qur’an yang sering dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif, konsentrasi, dan disiplin yang dapat berkontribusi pada keberhasilan akademik maupun Non-Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat korelasi tingkat muraja’ah hafiz Al-Qur’an dengan prestasi akademik dan Non-Akademik mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) UIN Sunan Ampel Surabaya. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni, kuesioner, observasi dan dokumentasi prestasi mahasiswa. Sementara jenis penelitian yang disajikan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi yakni suatu penelitian yang menghubungkan berbagai variabel. Hasil penelitian dengan uji chi square menunjukkan bahwa tidak ditemukan bukti empiris yang cukup kuat untuk menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat muraja'ah dengan prestasi akademik maupun non-akademik pada mahasiswa hafiz. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa uji Chi-Square hanya mengukur hubungan antara dua variabel kategorikal dan tidak memperhitungkan pengaruh variabel-variabel lain yang mungkin berperan. Selain itu, hasil penelitian ini terbatas pada sampel yang digunakan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Ghali Ihtifazhuddinghaliihtifazh@gmail.com07020320041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholily, Naufalnaufalcholily@uinsa.ac.id2027048701
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Al Qur'an
Keywords: Muraja’ah; hafiz al-Qur’an; prestasi akademik; prestasi non- akademik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ghali Ihtifazhuddin Achmad
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:37
Last Modified: 21 Jan 2025 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76093

Actions (login required)

View Item View Item