This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kholidah, Putri Alifiyah (2025) Pengaruh penerapan model project based learning terhadap kemandirian peserta didik dalam pembelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Putri Alifiyah Kholidah_D71219080 full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (7MB) |
![]() |
Text
Putri Alifiyah Kholidah_D71219080.pdf Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul, Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di UPT SMPN 10 Gresik. Skripsi ini bertujuan menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik, bagaimana kemandirian peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik, bagaimana pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain penelitian asosiatif. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang diberikan kepada peserta didik kelas VII C dan VII G yang dipilih secara purposive. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial berupa uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik, dan tingkat kemandirian belajar peserta didik tergolong tinggi. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan model Project Based Learning terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Contextual Teaching and Learning Motivasi Belajar Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Project Based Learning; kemandirian belajar; pembelajaran PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Putri Alifiyah Kholidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |