FA ALIYYAH ISTIKHDAM THARIQAH TAKBIR AL ARA AL RAISIYYAH LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI THULLAB AL FASHL AL SABIK FI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHOH BUSTANUL ULUM SUMBERKARANG DLANGGU MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Rohmatul (2013) FA ALIYYAH ISTIKHDAM THARIQAH TAKBIR AL ARA AL RAISIYYAH LI TARQIYYAH MAHARAH AL KALAM LI THULLAB AL FASHL AL SABIK FI AL MADRASAH AL MUTAWASSITHOH BUSTANUL ULUM SUMBERKARANG DLANGGU MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasari atas asumsi peneliti bahwa bahasa Arab merupakan materi yang diajarkan di madrasah-madrasah atau di sekolah sekolah Islam yang didalamnya terdapat aspek berbicara atau kemampuan berbicara siswa yang di dalam pembelajaran bahasa Arab disebut Maharah al Kalam. Sedangkan proses pembelajaranya bukanlah hal yang mudah karena bahasa Arab mempunyai unsur unsur yang banyak dan sekaligus mempunyai keterkaitan yang sangat erat, diantaranya percakapan, mufradat, qowaid, kelancaran dalam mengucapkan sehingga hampir setiap siswa mengalami kesulitan, tidak terkecuali pada siswa siswi MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto.
Oleh karena itu tujuan penyusunan skripsi ini adalah ingin menawarkan metode pembelajaran yang dianggap baru oleh guru bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab Takbir al Ara al Raisiyyah. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas & penyajian media tersebut dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. Bustanul Ulum Sumberkarang Dlanggu Mojokerto.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan rumus statistik Test T dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab Takbir al Ara al Raisiyyah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka. Dan juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran Maharah al Kalam di sekolah tersebut berjalan cukup baik dan mendapat respon yang cukup tinggi dari siswa-siswi. Disamping itu, siswa siswi merasa lebih mudah, santai dan enak dalam belajar berbicara bahasa Arab. Mereka merasa termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Karena dengan media tersebut mereka juga merasa terbimbing dalam berbicara bahasa Arab.
Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka diperlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat diketahui lebih lanjut tentang keunggulan keunggulan dari penggunaan metode pembelajaran ini

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, RohmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Metode Takbir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10456

Actions (login required)

View Item View Item