PENERAPAN STRATEGI PQ4R DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII MTS HASYIM ASY ARI GEMPOL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athifin, Muhammad (2013) PENERAPAN STRATEGI PQ4R DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII MTS HASYIM ASY ARI GEMPOL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk lebih maju dan berkualitas dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat bersaing di zaman modern yang penuh dengan persaingan sehingga lulusan dituntut memiliki kualitas yang baik dari segi ilmu pengetahuan maupun segi keterampilan yang dikuasai. Kedua aspek tersebut haruslah dimiliki oleh setiap lulusan agar ia dapat bertahan dalam persaingan. Untuk itu pada saat ini dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (Student Centered Instruction). Dalam pembelajaran ini siswalah yang aktif dalam menggali informasi itu sendiri. Salah satu strategi yang dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi adalah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review), sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran langsung dan materi yang dipilih adalah prisma dan limas. Model pembelajaran langsung dipilih karena model ini digunakan untuk mengajarkan pengetahuan deklaratif dan prosedural, sedangkan pokok bahasan prisma dan limas dipilih karena materi ini berupa konsep konsep dan ketentuan ketentuan yang memerlukan strategi untuk mempelajarinya.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 8, 10 dan 15 juni 2013. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Hasyim Asy ari Gempol. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 yang berjumlah 37 siswa dan penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Mendeskripsikan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan prisma dan limas, 2). Mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan prisma dan limas, 3). Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan prisma dan limas, 4). Mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung untuk pokok bahasan prisma dan limas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Agus Prasetyo Kurniawan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athifin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: PQ4R; Pembelajaran Langsung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item