PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK MEDITASI (ITIKAF) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUHTADIN DESA KARANG KEMBANG KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidah, Laily (2013) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK MEDITASI (ITIKAF) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUHTADIN DESA KARANG KEMBANG KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan banyaknya santri yang kesusahan di dalam menerima pelajaran yang ada, maka sangat penting sekali dilakukan meditasi (Itikaf) untuk melatih santri berkonsentrasi dan lebih mudah didalam menerima pelajaran. Dengan rutin melakukan meditasi (Itikaf) maka dapat meningkatkan daya konsentrasi dalam belajar, dan membuat pikiran dan jiwa merasa tenang sehingga mudah dalam menyerap pelajaran. Di dalam proses belajar dikelas tidak semua santri memiliki motivasi yang sama oleh karena itu ada santri yang mudah dalam menerima pelajaran dan ada juga santri yang susah di dalam menerima pelajaran. Aadapun rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Adakah pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik meditasi Itikaf terhadap peningkatan belajar santri di pondok pesantren Al-Muhtadin Desa Karang Kembang kecamatan Babat Kabupaten Lamongan?
Sejauh mana pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik meditasi Itikaf terhadap peningkatan belajar santri di pondok pesantren Al-Muhtadin Desa Karang Kembang kec-Babat Kab-Lamongan?
Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetauhi adakah pengaruh meditasi (Itikaf) terhadap peningkatan belajar santri di pondok pesantren Al-Muhtadin Desa Karang Kembang kec-Babat Kab-Lamongan? Untuk mengetahui Sejauh mana pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik meditasi Itikaf terhadap peningkatan belajar santri di pondok pesantren Al-Muhtadin Desa Karang Kembang kecamatan Babat Kabupaten Lamongan? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : metode Observasi, Interview, Angket dan Dokumentasi. Adapun tekhnik analisis yang digunakan adalah tekhnik analisis deskriptif kuantitatif prosentase dengan tekhnik analisis statistic product moment.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pengaruh dari Bimbingan dan konseling Islam dengan teknik Meditasi (Itikaf) terhadap peningkatan prestasi belajar santri di pondok pesantren Al-Muhtadin kecamatan Babat kabupaten Lamongan. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh yaitu rxy = 1.38 yang telah dikonsultasikan pada tabel r product moment maka terletak diantara 0,90 - 1.00 yang berarti terdapat korelasi yang sangat tinggi dan kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus santoso
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidah, LailyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: bimbingan, konseling islam, teknik meditasi, Itikaf, prestasi belajar santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item