Pengaruh penggunaan smartphone terhadap keluasan ergaulan remaja di SMAN 1 Manyar-Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bashir, Abdul (2016) Pengaruh penggunaan smartphone terhadap keluasan ergaulan remaja di SMAN 1 Manyar-Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang mendukung penyebaran pesan dengan cepat melalui televisi, surat kabar, telepon seluler (smartphone), internet dan perangkat elektronik lainnya, semakin memudahkan komunikasi manusia. Karena itu pembahasan terhadap teknologi komunikasi seringkali dihubungkan dengan adopsi terhadap penggunaan teknologi baru yang dipakai dalam komunikasi, dan dampak sosial, yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi komunikasi seperti Smartphone. Dikalangan pelajar teknologi komunikasi seperti Smartphone tidaklah asing bagi mereka, karena di kalangan siswa saat ini kehidupannya tidak luput dari Smartphone, seiring dengan perkembangan zaman teknologi komunikasi atau Smartphone tidak hanya di buat untuk style, Smartphone juga pakai pelajar untuk memperluas pergaulan antar pelajar di semua kalangan pelajar. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 425 siswa (kelas X SMAN 1 Manyar-Gresik), yang kemudian diambil sampel sebesar 15 %. Jadi sampel yang penulis ambil adalah 64 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yang pertama yaitu variabel bebas “Penggunaan Smartphone” dan yang kedua adalah variabel terikat “Keluasan Pergaulan,” sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan analisis korelasi, yaitu pearson correlation product moment untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Smartphone Terhadap Keluasan Pergaulan Remaja di SMAN 1 Manyar-Gresik. Berdasarkan uji realibilitas mengenai penggunaan smartphone pada siswa SMAN 1 Manyar-Gresik, diperoleh nilai koefisien Cronbach’s Alpha yang lebih besar atau r_alpha (0,294) yang bernilai positif dan lebih besar dari r_tabel (0,246), Berdasarkan uji realibilitas mengenai keluasan pergaulan siswa SMAN 1 Manyar-Gresik, diperoleh nilai koefisien Cronbach’s Alpha yang lebih besar atau r_alpha (0,568) yang bernilai positif dan lebih besar dari r_tabel (0,246). Kemudian analisa tentang Pengaruh Smartphone Terhadap Keluasan Pergaulan Remaja di SMAN 1 Manyar-Gresik adalah diperoleh hasil penghitungan r_xy 0,601. Adapun 0,601 adalah terletak di antara 0,60 – 0,80 sehingga dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang Kuat atau Tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bashir, Abduldul.bashir@gmail.comB56212089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Pengaruh Smartphone; Keluasan Pergaulan Remaja; SMAN 1 Manyar-Gresik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bashir Abdul
Date Deposited: 26 Aug 2016 07:25
Last Modified: 07 Nov 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item