STRATEGI PEMASARAN PADA BMT MASLAHAH SIDOGIRI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aslikhah, Aslikhah (2014) STRATEGI PEMASARAN PADA BMT MASLAHAH SIDOGIRI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, terkait dengan pemasaran bisnis dalam persaingan yang semakin kompetitif, maka lembaga keuangan mikro syariah tidak bisa lepas dari etika bisnis. Etika bisnis dipahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar, maka etika diperlukan dalam bisnis yang professional. Pelayanan yang menyenangkan diharapkan menarik respon positif pelanggan sehingga pelanggan akan memberikan kepercayaannya kepada lembaga keuangan yang bersangkutan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitative dengan menggunakan pendekatan snowballing informan. Data diambil dengan teknik triangulasi dimana data berasal dari berbagai macam sumber data yang ada. Analisis tema atau discovering cultural theme digunakan untuk mendapatkan data yang jelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Maslahah Sidogiri dalam mengembangkan produ-produknya menggunakan strategi; pertama Ikatan alumni santri Sidogiri dimana para santri menjadi anggota tetap pada BMT Sidogiri, kedua strategi pengrekrutan tokoh masyarakat, artinya tokoh masyarakat dibeberapa daerah dijadikan anggota tetap dan juga menjadi ketua atau koordinator kelompok didaerahnya, ketiga strategi lingkungan pemasaran (inveronmental marketing) yaitu lingkungan sebagai lokasi pemasaran BMT Maslahah adalah lingkungan yang memiliki lokasi strategis dan memiliki jaringan alumni dan simpatisan yang banyak, keempat strategi sidogiri networking forum dimana BMT Maslahah mendirikan forum-forum kecil terkait dengan kegiatan pembiayaan keuangan syariah, kelima strategi peduli masyarakat (corporate social responsibility), strategi ini berbentuk kepedulian BMT Maslahah terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat sosial dan keagamaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kejelasan dari keunggulan yang dimiliki oleh BMT Maslahah dalam meningkatkan produk-produknya. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap berbagai BMT yang ada diwilayah Jawa Timur agar lebih inovative dan lebih mengedepankan etika bisnis syariah dalam mengelolah bisnis keuangan yang dimiliki, serta hasil penelitian ini mampu memberikan wacana baru bagi lembaga-lembaga keuangan yang ada, bahwa lembaga keuangan tidak harus dikelolah secara konvensional saja akan tetapi dengan cara syariah Islam dan juga dikelola dari kalangan pesantren pula. Disamping itu, penelitian ini mampu membuka wacana baru bahwa pesantren mampu mengembangkan dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Iskandar Ritonga
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aslikhah, AslikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Etika Bisnis; BMT; Pemasaran;
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2015 07:46
Last Modified: 09 Mar 2015 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item