FA’AALIYAH ISTIKHDAAM “ HOT POTATOES” LITARQIYAH MAHAARAH AL-QIRAA’AH FI AL-FASHL AL-TSAAMIN BI MADRASAH CENDEKIA MANDIRI AL-MUTAWASSITHAH AL-DAAKHILIYAH SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Muhammad Zakki (2014) FA’AALIYAH ISTIKHDAAM “ HOT POTATOES” LITARQIYAH MAHAARAH AL-QIRAA’AH FI AL-FASHL AL-TSAAMIN BI MADRASAH CENDEKIA MANDIRI AL-MUTAWASSITHAH AL-DAAKHILIYAH SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia, seperti yang telah diketahui bahwa Islam dan Bahasa Arab sangat erat kaitannya. Penyebaran bahasa Arab di Indonesia tak lepas dari perjuangan para Da’I yang menyebarkan islam yang berasal dari Timur Tengah. Selain itu, sumber utama Agama Islam yaitu Al-Quran berbahasa Arab, hal ini mendorong setiap orang untuk belajar bahasa Arab.
Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia diselenggarakan di sekolah-sekolah agama dan Pondok Pesantren, namun kebanyakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan system tradisional dan jarang sekali menggunakan media pembelajaran yang inovatif.
Berdasarkan realita yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, penulis ingin menggunakan media yang lazimnya digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu Software Hot Potatoes yang bias digunakan untuk membuat latihan-latihan pembelajaran dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca. Rumusan masalah yang digunakan penulis adalah sejauh mana Efektifitas pnggunaan hot potatoes dalam meningkatkan keterampilan membaca di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School, secara terperinci rumusan ini terbagi menjadi tiga; 1) Bagaimana penggunaan Hot Potatoes dalam pembelajaran keterampilan membaca di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School?; 2) Bagaimana Pembelajaran keterampilan membaca di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School?; 3) Bagaimana Efektifitas penggunaan Hot Potatoes dalam meningkatkan keterampilan membaca di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan variable bebas penggunaan Hot Potatoes dan Variabel terikat keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode satu kelompok dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School tahun ajaran 2013-2014. Sampel yang
ix
diguanakan serupa karena jumlah seluruh siswa kelas VIII kurang dari 100. Instrumen pengumpulan data terdiri dari Observasi, Wawancara, Angket, dan Tes.
Ringkasan Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran bahasa Arab di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School sifatnya sebagai pelajaran tambahan, meskipun demikian, hal ini diwajibkan bagi siswa guna memnuhi standard kompetensi Lulusan, 2) pembelajaran bahasa Arab di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School menggunakan Metode “Mumtaz” yang mempunyai basic metode Qawaid dan Terjemah. 3) penerapan media Hot Potatos untuk meningkatkan keterampilan membaca sesuai dengan kondisi siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School hal ini mereka tunjukkan secara antusias mengikuti pembelajaran. 4) penggunaan hot potatoes di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School dapat dikatakan efektif, hal ini dtunjukkan dengan meningkatnya nilai siswa setelah penggunaan hot Potatoes, selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai T Hitung (-12.213) lebih kecil dari nilai T Tabel (2.30) hal ini menunjukkan ditolaknya Ho dengan nilai signifikansi 0.000 yang lebih kecil dari 0.005. hal ini menunjukkan hipotesis bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan Hot Potatoes adalah efektif diterima

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Afif Azhari
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Muhammad ZakkiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media; Hot Potatoes; Keterampilan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 00:15
Last Modified: 18 Mar 2015 00:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item